Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan Tekankan Pentingnya Daya Saing Madrasah

Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan Tekankan Pentingnya Daya Saing Madrasah

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Imam Tobroni menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Kepala Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Pekalongan di Aula RM Al-Barokah Kajen

Rakor diikuti oleh seluruh Kepala Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Pekalongan, dan turut hadir Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Mokh. Irkham dan para pengawas Madrasah

Kepala Kantor Kemenag Kab. Pekalongan, H. Imam Tobroni dalam arahanya menyampaikan bahwa pengelolaan madrasah itu dibawah Kementerian Agama, maka baiknya madrasah adalah baiknya kita, prestasinya madrasah adalah prestasinya kita, demikian juga sebaliknya jeleknya madrasah adalah merupakan jeleknya Kementerian Agama juga, maka Kepala Madrasah sebagai bagian dari keluarga besar Kementerian Agama harus bisa menjaga marwah, kebaikan dan prestasi lembaga yang dipimpinnya.

Imam menjelaskan, sebagai Keluarga Kementerian Agama paling tidak ada 3 hal yang perlu dilakukan oleh Kepala Madrasah, yaitu yang pertama Meningkatkan akses layanan pendidikan, pastikan semua anak anak usia sekolah mendapatkan layanan pendidikan di madrasah, mulai RA, MI, MTs, dan MA. 

“Setiap lulusan RA mestinya dapat melanjutkan pendidikannya di MI, demikian pula setiap lulusan MI dapat meneruskan pendidikannya di MTs dan lulusan MTs harus dapat dipastikan bisa diterima di MA.”

Yang kedua menurut Kakankemenag, setiap Kepala Madrasah harus mampu meningkatkan mutu layanan pendidikannya, setiap madrasah harus mampu meningkatkan mutu pendidikan dengan mempersiapkan anggaran dan SDM nya. Peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru mesti dilakukan, setiap guru harus mampu meningkatkan kompetensi dan keilmuanya.

Terakhir, kakankemenag Imam Tobroni menegaskan kepada Kepala Madrasah, bahwa outcame atau lulusan madrasah harus mampu berdaya saing dan mampu memberi manfaat kepada masyarakat.

Sementara itu sebelumnya Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Moh. Irkham dalam sambutanya menyampaikan pentingnya kemampuan manajerial Kepala Madrasah, bagaimana para Kepala Madrasah mampu mengelola madrasah agar mandiri, berprestasi dan berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: