Begini Hukum Bersedekah dengan Uang Riba Menurut Ustaz Abdul Somad

Begini Hukum Bersedekah dengan Uang Riba Menurut Ustaz Abdul Somad

Penjelasan hukum bersedekah dengan uang riba-Youtube @belajartv3529-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Wajib diperhatikan bagi para musaddiq, begini hukum bersedekah dengan uang riba menurut Ustaz Abdul Somad.

Sebagai sesama manusia kita dianjurkan untuk saling membantu satu sama lain.

Salah satu bantuan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan sedekah, baik yang wajib berupa zakat ataupun sedekah sunnah.

Sedekah menjadi salah satu ibadah yang paling mulia, sampai diceritakan dalan Al-Qur'an bahwa orang yang sudah meninggal ingin dihidupkan kembali agar ia bisa bersedekah.

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya : Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata, Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh. (QS. Al-Munafiqun : Ayat 10).

BACA JUGA:Hindari Pinjol! Inilah Hutang Modal Bisnis yang Sesuai Syariat Menurut Ustaz Abdul Somad

Allah SWT dalam Surat Al-Hadid ayat 18 juga berjanji akan melipatgandakan balasan bagi orang-orang yang mau bersedekah.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ 

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Untuk mendapatkan keutamaan-keutamaan tesebut, kita juga perlu memperhatikan uang yang akan disedekahkan agar diterima Allah SWT.

Dalam video Youtube yang diunggah @belajartv3529, terdapat penjelasan hukum bersedekah dengan uang riba menurut Ustaz Abdul Somad.

Pakar ilmu fikih ini mengatakan bahwa sedekah dengan uang yang haram tidak akan diterima oleh Allah SWT, beliau mengutip sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ra.

BACA JUGA:Keuangan Mendesak Parah? Begini Hukum Berhutang ke Bank Konvensional Karena Darurat Menurut Ustaz Abdul Somad

BACA JUGA:Hutang Bertambah karena Inflasi, Ribakah? Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang Hutang Masa Lampau

إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً

Artinya : Allah Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: