Pemkab Pekalongan Pastikan Perbaikan Blok F Pasar Kedungwuni Dilakukan Tahun Ini

Pemkab Pekalongan Pastikan Perbaikan Blok F Pasar Kedungwuni Dilakukan Tahun Ini

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Pekalongan merespon cepat ambrolnya teras sisi selatan Blok F Pasar Kedungwuni.

Pemkab Pekalongan melalui Dinas PU Taru dan Disperindag langsung terjun ke lokasi untuk mengecek secara langsung kondisi bangunan dan menginventarisir kerusakan yang terjadi guna menentukan langkah perbaikan yang harus dilakukan oleh Pemkab Pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar menegaskan bahwa Pemkab Pekalongan akan secepatnya memperbaiki kerusakan teras sisi selatan Pasar Kedungwuni. Diungkapkan Akbar, langkah pertama selain melakukan assesment atau penilaian adalah merelokasi lebih kurang 35 pedagang yang berjualan di selasar blok F pasar Kedungwuni ke tempat yang lebih aman. 

“Untuk penanganannya kami sudah mendiskusikannya dengan OPD tekhnis, yaitu DPU Taru dan Dinperindag, dan yang utama adalah merelokasi para pedagang di selasar Blok F, demi keselamatan para pedagang dan juga pembeli,” ujar Akbar.

Dijelaskan Akbar bahwa Pasar Kedungwuni dibangun dengan menggunakan dana TP (Tugas Pembantuan) pada tahun 2017 senilai 6 Milyar, tapi baru ditempati usai peresmian yaitu pada tahun 2023. Blok F sendiri memiliki luas bangunan 1450,63 m², dan yang mengalami ambrol adalah area teras pintu masuk seluas 72 m². 

“Kami memastikan perbaikan teras sisi selatan Blok F akan kita selesaikan di tahun ini melalui mekanisme mendahului perubahan 2024, sedangkan kontruksi bagian dalam pasar, berdasarkan kajian tekhnis yang telah dilaksanakan masih aman digunakan untuk aktivitas jual beli masyarakat,” tegas Akbar.

Akbar juga menegaskan bahwa Pemkab Pekalongan akan segera melakukan pengecekan secara menyeluruh pada bangunan Pasar Kedungwuni. 

“Tahun 2024 ini sebenarnya kami sudah menganggarakan pemeliharaan untuk Pasar Kedungwuni secara keseluruhan, sebagian kerusakan sudah kami cek, dan perbaikan yang diperlukan akan segera kami tindaklanjuti,” ungkap Akbar menutup pernyataannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: