Peserta Didik MTs N 1 Pekalongan Mengikuti Asesmen Bakat Minat 2024

Peserta Didik MTs N 1 Pekalongan Mengikuti Asesmen Bakat Minat 2024

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Para peserta didik MTs N 1 Pekalongan kelas 9 mulai mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) 2024 yang digelar oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbud.

Kepala madrasah, Drs.H.Mukhlisin, Dip.Ed. menuturkan ABM adalah tes untuk mengukur potensi siswa yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

“Melalui tes ABM 2024, diharapkan dapat menempatkan siswa pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran,” tuturnya.

Beliau juga menjelaskan, tes ABM 2024 untuk siswa kelas 9 berbeda dengan tes prestasi untuk akademik. Namun disusun berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu, sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa.

“Tujuan pelayanan tes ABM 2024 adalah untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya, ABK ini berlangsung mulai 19 Februari - 23 Februari 2024 dan 26 Februari - 1 Maret 2024. Seluruh peserta didik kelas 9 berjumlah 162 orang, dan saat ini ada 21 orang yang ikut ABM.” ucapnya.

Di tempat yang berbeda Hj. Triyanah, S.Pd. selaku pengawas pada Asesmen Bakat Minat atau ABM di laboratorium Bahasa 1 menerangkan bahwa seharusnya yang mengikuti ABM hari pertama ini ada 23 namun ada 2 orang peserta didik yang tidak hadir karena sakit.Anak-anak terlihat serius dan semangat mengikutinya.

“Adapun pelaksanaan ABM berdurasi 2 jam 30 menit. Anak-anak terlihat fokus. Pengerjaan soal ABM 2024 dikerjakan melalui laptop yang tersedia di laboratorium Bahasa 1. Asesmen ini terdiri dari dua bagian, yakni asesmen bakat dan asesmen minat. Pertama, siswa mengerjakan soal asesmen bakat sebanyak 140 soal dengan durasi 120 menit.140 soal Asesmen Bakat terdiri dari 7 sub tes, yakni verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal. Sementara Asesmen minat dengan jumlah soal 108 butir dan waktu pengerjaan 30 menit,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: