Inilah 6 Ciri-ciri Ginjal Sehat dan Normal, Salah Satunya Rendah Kreatinin

Inilah 6 Ciri-ciri Ginjal Sehat dan Normal, Salah Satunya Rendah Kreatinin

Ciri-ciri ginjal sehat dan normal--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ciri-ciri ginjal sehat dan normal salah satunya rendah kreatinin. Zat yang bisa mengakibatkan fungsi ginjal terganggu. 

Perlu kamu ketahui fungsi ginjal dalam tubuh sangatlah vital. Maka bila terjadi masalah pada organ ginjal, penting untuk diperbaiki.

Sebab sepasang organ tubuh yang terletak pada punggung ini menyaring darah dan membuang racun dalam tubuh. Tentunya akan berdampak buruk ketika organ ini tidak berfungsi atau fungsinya terganggu.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Makanan untuk Menurunkan Kreatinin dan Menjaga Kesehatan Ginjal Lansia 50 Tahun ke Atas

BACA JUGA:Jaga Ginjal Tetap Sehat! Inilah 7 Makanan untuk Menurunkan Kreatinin Tinggi yang Dapat Merusak Fungsi Ginjal

Maka dari itu, menjaga kesehatan organ ginjal perlu dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, mulailah dari mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Lantas, apa saja ciri-ciri ginjal sehat dan normal? Yuk simak ulasannya berikut ini agar kamu tahu.

1. Sel Darah Rendah Zat Kreatinin

Pertama dan yang utama adalah darah mengandung zat kreatinin rendah. Buat yang belum tahu, kreatinin adalah produk sisa otot yang disaring oleh organ ginjal. 

Tentunya peningkatan kandungan zat kreatinin pada sel darah adalah tanda kalau organ ginjal kurang bekerja dengan baik. 

Bila tubuh rendah kreatin atau dalam kondisi normal, maka tidak akan mengakibatkan gangguan organ ginjal. Salah satu tanda kalau organ ginjal masih berfungsi dengan baik.

2. Urine yang Jernih

Warna urine yang cenderung jernih merupakan ciri-ciri ginjal sehat dan normal. Berarti organ ginjal berfungsi secara optimal. 

Tanda organ ginjal berfungsi dengan baik adalah warnanya yang kuning muda dan kuning terang. Hal ini masih wajar karena warna tersebut dihasilkan dari urochrome.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: