Bisakah Daftar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Fresh Graduate Perlu Tahu 5 Hal Ini

Bisakah Daftar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Fresh Graduate Perlu Tahu 5 Hal Ini

Daftar kerja meski tidak ada lowongan--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Sebagian besar jobseeker mengandalkan lowongan pekerjaan, tetapi sebenarnya orang bisa daftar kerja meski tidak ada lowongan. 

Terlebih bagi para fresh graduate, informasi ini mungkin bukan sesuatu yang umum untuk diketahui.

Artikel ini akan menyajikanmu beberapa hal untuk bisa bisa daftar kerja meski tidak ada lowongan. Dengan memperhatikan hal-hal berikut, kamu bisa memiliki kesempatan kerja yang lebih besar.

BACA JUGA Sering Beredar! Ini 6 Ciri Lowongan Kerja Palsu dan Abal-Abal, Fresh Graduate Harus Tahu Biar Nggak Kena Scam

Persiapkan CV dengan baik

Baik ada lowongan ataupun tidak, wajib hukumnya untuk mempersiapakan CV atau curriculum vitae jika kamu merupakan seorang jobseeker, terlebih jika kamu fresh graduate. Mempersiapkan CV akan membuatmu selalu siap mendaftar kerja saat ada kesempatan.

Namun, perlu kamu tahu bahwa terdapat tantangan yang lebih besar jika kamu ingin daftar kerja meski tidak ada lowongan.

Sebab, kamu perlu berusaha dengan maksimal untuk bisa memikat recruiter dan berkenan untuk menarikmu masuk menjadi pekerja di perusahaannya.

Maka, penting bagimu untuk menyiapkan CV secara serius. Pastikan CV yang kamu buat menarik, memuat informasi yang penting dan memberikan kesan profesional kepada dirimu, serta mampu meyakinkan recruiter bahwa kamu memiliki kemampuan yang mumpuni untuk tergabung dalam perusahaan.

Buat dan kirim letter of interest

Selain CV, kamu juga harus membuat letter of interest saat hendak daftar kerja meski tidak ada lowongan. Letter of interest (LoI) atau surat lamaran ini merupakan surat yang bertujuan untuk menawarkan diri untuk bekerja di suatu perusahaan.

Bisa jadi, sebuah perusahaan sebetulnya memang sedang membutuhkan karyawan, tetapi belum mendapatkan waktu yang tepat untuk membuka lowongan.

Dengan letter of interest, kamu bisa mencuri start untuk terlebih dahulu dilirik oleh perusahaan dibandingkan dengan jobseeker lain yang menunggu sampai adanya lowongan kerja.

Kamu perlu membuat letter of interest yang menarik, sehingga perusahaan bisa mempertimbangkan dirimu terlebih dahulu sebelum secara resmi membuka lowongan pekerjaan untuk umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: