14 Manfaat Ajaib Buah Delima untuk Lansia, Menurunkan Risiko Alzheimer Hingga Memperkuat Tulang

14 Manfaat Ajaib Buah Delima untuk Lansia, Menurunkan Risiko Alzheimer Hingga Memperkuat Tulang

Buah delima cocok untuk lansia karena segudang manfaatnya untuk lanjut usia.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat buah delima untuk lansia tak perlu diragukan lagi. Daging dan biji buah ini memiliki Manfaat yang luar biasa bagi lansia, seperti menurunkan risiko alzheimer, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan jantung hingga memperkuat tulang.

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya yang mendukung kesehatan lansia, maka para ahli pun menyarankan para lansia untuk mengonsumsi buah delima. Bukan sekadar rasanya yang segar dan manis, dengan sedikit asam. Namun, manfaat ajaibnya untuk mendukung kesehatan para lansia.

Buah delima dikenal sebagai antioksidan, antiaterogenik, antihipertensi, antiinflamasi, antidiabetes, antimikroba, antiplak, antiparasit, antijamur, antikanker, antitumor, dan antivirus.

Manfaat buah delima ini berkat kandungan nutrisinya yang luar biasa. Buah delima diantaranya mengandung air, energi, protein, karbohidrat, serat, dan gula. Buah ini juga mengandung mineral kalsium, besi. magnesium, kalium, fosfor, natrium, seng, tembaga, mangan, dan selenium.

Tak hanya itu, buah delima juga memiliki kandungan vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, dan vitamin A.

Baca juga:Inilah 11 Manfaat Buah Delima, Menurunkan Tekanan Darah, Mengobati Radang Sendi Hingga Meningkatkan Daya Ingat

Berikut ini manfaat buah delima untuk lansia dilansir dari beberapa sumber:

1. Menjaga kesehatan jantung

Dari hasil penelitian, buah delima memiliki sifat antihipertensi atau menurunkan tekanan darah, anti heterogenik atau menghambat penumpukan lemak di arteri, dan dapat membantu mengendalikan peningkatan kolesterol. 

Tidak hanya buah delima saja, minyak bijinya juga bermanfaat untuk kesehatan jantung pada orang lanjut usia. Minyak ini dapat mencegah profil lipid secara keseluruhan.

2. Mengendalikan diabetes

Dengan kandungan asam alexic, gallic dan oleanolic dalam buah delima, maka buah ini bersifat antidiabetik atau menurunkan gula darah. 

3. Mengurangi risiko kanker

Buah delima memiliki sifat antikanker karena polifenol yang ada dalam buah ini. Polifenol, ellagitannin dan gallotannin dalam buah delima dapat mengurangi perkembangan tumor ganas penyebab kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: