Akhirnya Ada Titik Terang Perbaikan Jalan Ir Moh Hatta Penghubung Kecamatan Batang dengan Warungasem

Akhirnya Ada Titik Terang Perbaikan Jalan Ir Moh Hatta Penghubung Kecamatan Batang dengan Warungasem

Kondisi Jalan Ir Moh Hatta Batang Warungasem yang rusak parah -IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Akhirnya ada titik terang perbaikan jalan Ir Moh Hatta penghubung Kecamatan BATANG dengan Warungasem. jalan yang berada di Desa Lebo dan Candiareng Warungasem ini rencananya akan diperbaiki tahun ini. 

Jalan tersebut rusak parah sedari beberapa tahun lalu. Padahal jalan ini merupakan salah satu jalur alternatif penghubung Kecamatan Batang dan Warungasem. Dimana berjarak 3 kilometer dari pusat kota Batang. 

Jalan sepanjang 1 kilometer awalnya dimiliki oleh dua desa tersebut. Sepanjang 300 meter milik Desa Lebo dan 700 meter milik Candiareng. Namun demikian, jalan yang berada di tengah perkebunan ini akhirnya dihibahkan ke Pemda Batang. 

"Statusnya sekarang sudah menjadi jalan kabupaten. Sudah dihibahkan ke Pemda Batang, disahkan pada 14 November 2023 lalu," ujar Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Batang, Endro Suryono.

Setelah dihibahkan, perbaikan jalan ini kini diambil alih oleh Pemkab Batang. Kondisi saat ini, jalan tersebut kerusakannya semakin parah. Bahkan aspal sudah tidak ada di beberapa titik, tersisa batuan tajam yang tersusun di tanah. 

Tahun 2024 ini, jalan tersebut langsung mendapat anggaran untuk perbaikan. Endro berharap, sebelum Hari Raya Idul Fitri, jalan tersebut sudah diperbaiki.

"Tahun ini akan dikerjakan untuk pemeliharaannya. Insyaallah, harapan kita sebelum Lebaran sudah selesai. Tapi yang jelas, tahun ini sudah ada anggarannya untuk perbaikan jalan. Nominalnya sekitar Rp 400 juta," terangnya.

Jalan Lebo-Candiareng merupakan akses paling cepat yang biasa dilalui warga, juga para pelajar untuk sampai ke sekolah. Sementara akses memutar jaraknya sekitar 3 kilometer. Jalan ini akan diperbaiki oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) DPUPR Kabupaten Batang dengan lebar 3 hingga 4 meter. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan