Ini Dia 9 Tips Menurunkan Kreatinin Tinggi agar Organ Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi

Ini Dia 9 Tips Menurunkan Kreatinin Tinggi agar Organ Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi

Tips Menurunkan Kreatinin Tinggi--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan beberapa tips menurunkan kreatinin tinggi dalam tubuh. Sebab kreatinin yang tinggi bisa bikin ginjal makin sekarat.

Organ ginjal salah satu fungsinya adalah menjaga agar kadar kreatinin dalam tubuh tidak tinggi. Setidaknya kadar kreatinin normal di angka 0,5 mg/dL sampai 1,2 mg/dL. 

Kadar kreatinin sebenarnya dibutuhkan sebagai sumber energi otot. Namun bila berlebihan akan bermasalah pada organ ginjal.

BACA JUGA:Selain Sehat Buat Ginjal, Inilah 9 Manfaat Kesehatan Makan Sayur Arugula untuk Tubuh

BACA JUGA:6 Minuman yang Dapat Membersihkan Ginjal dari Racun yang Wajib Diketahui! Usir Racun Agar Ginjal Sehat Selalu

Oleh karena itu ketika kadar kreatinin di atas angka normal, maka perlu melakukan beberapa hal. Tentu saja menjaga kadar kreatinin dalam darah menjadi normal.

Lantas apa saja tips menurunkan kreatinin tinggi agar organ ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Memperbanyak Makan Serat

Manfaat mengonsumsi makanan serat adalah bisa membantu mengelola kadar kreatinin. Dapat menurunkan kadar kreatinin tinggi dalam darah.

Maka disarankan untuk konsumsi makanan serat tinggi. Seperti yang telah dijelaskan dalam European Journal of Clinical Nutrition bahwa maklanan serat bisa turunkan kreatinin.

2. Batasi Konsumsi Suplemen Protein

Meski protein bagus untuk menjaga massa otot, namun perlu dibatasi konsuminya. Khususnya yang sedang mengalami masalah pada organ ginjal.

Sebab bila tetap dikonsumsi akan menjadikan kadar kreatinin dalam tubuh makin tinggi. Oleh karena itu batasilah agar kadar kreatinin dalam darah tetap terjaga.

3. Batasi Makanan Tinggi Protein

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: