Kwarcab Kabupaten Pekalongan Lakukan Penanaman 1000 Pohon di Desa Ujungnegoro Kesesi

Kwarcab Kabupaten Pekalongan Lakukan Penanaman 1000 Pohon di Desa Ujungnegoro Kesesi

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam rangka memperingati Hari Tunas, Kwarcab Kabupaten Pekalongan melakukan penanaman 1000 pohon di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kesesi, Rabu 6 Maret 2024.

Waka Orhum Kwarcab Kab Pekalongan Wahyu Kuncoro bahwa ini merupakan kegiatan dalam lingkungan hidup pada hari tunas di Kabupaten Pekalongan melalui gerakan pramuka.

"Kita melaksanakan kegiatan menanam 1000 pohon di petak hutan RPH brondong di wilayah Kesesi," ucapnya.

Tujuan kegiatan ini adalah yang pertama kita berpartisipasi dalam penanaman lingkungan dengan penanaman pohon ini, dan yang lebih utama lagi adalah bagaimana mengenalkan kepada generasi muda melalui gerakan pramuka.

Disitu tadi ada gerakan pramuka dari unsur pramuli dan pramuka untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman tentang kelestarian hidup.

Memang kelestarian lingkungan atau masalah lingkungan hidup yang merupakan isu yang strategis karena sebagaimana kita tahu dari tahun ke tahun banyak sekali terjadi bencana-bencana yang salah satunya adalah karena diindikasikan mulai dari rusaknya lingkungan di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Nah upaya-upaya bagaimana memperbaiki kondisi lingkungan ini harus menjadi tanggung jawab kita semua. "Kita mencoba menginisiasi anak-anak muda dengan pramuka untuk meningkatkan kepedulian," tukasnya.

Kemudian disini juga wilayah ini adalah wilayah dari perhutani, tentu saja dari hutan ini, "Kami ucapkan terimakasih atas fasilitasinya dengan lingkungan yang ada disini dan wilayah administratifnya ada di desa ujung negoro, Bapak Kepala desa yang menyiapkan segala sesuatunya," ujarnya.

Sementara itu, Andalan Cabang Bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kwarcab Kabupaten Pekalongan, Rahyono menambahkan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan hari tunas kelapa yang diperingati setiap tahun dengan beberapa kegiatan. 

"Kita melakukan kegiatan penanaman pohon 1000 pohon jati di wilayah desa ujung negoro kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan dengan melibatkan dari adik-adik anggota pramuka penegak di pangkalan SMK dan SMK se kecamatan Kesesi," jelasnya.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan lingkungan, untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga terkendali, satu sumber air, kemudian dengan udara yang bersih. 

Kemudian mengapa memilih lokasi di daerah sini, karena bekerja sama dengan perhutani, "Jadi kami memilih lokasi yang memang ada lahan yang belum tertanami, kebetulan disini ada lahan yang baru saja dimanfaatkan oleh warga masyarakat ditanami jagung dan sudah panen, kemudian momennya juga masih musim hujan sehingga kita memilih lokasi di daerah Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kesesi," tuturnya.

"Harapannya adalah satu memberikan pendidikan kepada generasi muda terutama dipramuka agar cinta terhadap alam dengan prinsip kalau di relawan itu kan Kalau kita cinta alam, maka alam mencinta kita dan lestari," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: