MPI PCM Pekajangan dan Perpustakaan UMPP Lakukan Bimbingan Sistem Informasi ke SMA Muh 1 Pekajangan

MPI PCM Pekajangan dan Perpustakaan UMPP Lakukan Bimbingan Sistem Informasi ke SMA Muh 1 Pekajangan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat tentunya sangat berpengaruh dalam kecepatan akses informasi yang dibutuhkan, khususnya bagi Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. 

Pesatnya perkembangan gadget saat ini membuat siswa jarang sudah jarang sekali membuka bahan bacaan buku, walaupun masih ada beberapa siswa yang masih aktif membaca bahan bacaan sebagai hobi dan berkunjung ke perpustakaan. 

Majelis Pustaka Informasi PCM Pekajangan yang bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan berkunjung ke Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan dalam rangka bimbingan pengelolaan perpustakaan.

Dra. Dewi Masitoh, selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan terbuka dan memberikan izin dalam kegiatan bimbingan kegiatan pengelolaan perpustakaan, khususnya sistem informasi perpustakaan yang ada di sekolah, sebagai bentuk kerjasama antar perpustakaan khususnya di organisasi Muhammadiyah agar lebih berkembang didunia pendidikan.

Pengelolaan perpustakaan di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan sudah menggunakan sistem yang terintegrasi pada perangkat komputer, sehingga berbagai informasi pencarian buku, peminjaman sampai pengembalian sudah menggunakan sistem yang memudahkan dalam pelayanan, yang mana memang saat ini belum semua perpustakaan sekolah yang menerapkan sistem ini dan masih menggunakan sistem manual pencatatan dalam presensi dan peminjaman buku. 

Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan, Sanyoto, A.Ma.Pust, menjelaskan kondisi pengunjung di perpustakaan saat ini lebih tertarik ke fasilitas wifi untuk memanfaatkan game online dan keperluan media sosial.

Fenomena di mana siswa lebih senang bermain game daripada membaca merupakan tantangan signifikan dalam mempromosikan literasi di kalangan generasi muda. Hal ini terutama dipengaruhi oleh perubahan budaya dan perkembangan teknologi yang memungkinkan akses mudah terhadap berbagai permainan digital. 

Meskipun begitu, penting untuk menyadari bahwa kegiatan membaca memiliki nilai yang tak ternilai dalam pengembangan kognitif, emosional, dan sosial siswa. Membaca memperluas wawasan, memperkaya kosakata, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta membantu mengembangkan empati dan pemahaman terhadap dunia. 

Oleh karena itu, pendekatan yang holistik dan kreatif diperlukan untuk menambah minat pengunjung siswa ke perpustakaan, yang mana di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan sudah ada perangkat komputer AIO yang bisa dimanfaatkan siswa untuk menjelajah dunia maya dalam hal positif. Dengan pendekatan ini, kita dapat membuka pintu bagi siswa untuk menemukan kesenangan dan sedikit demi sedikit bisa diarahkan untuk menumbuhkan minat baca.

Diharapkan dengan adanya bimbingan di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan, sistem pengelolaan yang ada bisa berjalan dengan maksimal dan bermanfaat untuk kelancaran dalam kegiatan di perpustakaan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: