Inilah Macam-macam Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Gagal Ginjal Kronis, Wajib Kamu Waspadai

Inilah Macam-macam Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Gagal Ginjal Kronis, Wajib Kamu Waspadai

makanan yang harus dihindari bagi penderita gagal ginjal kronis.--Sahabat Kecc

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini beberapa macam makanan yang harus dihindari bagi penderita gagal ginjal kronis agar kondisinya tidak semakin parah.

Gaya hidup yang tidak sehat memicu berbagai penyakit, terutama gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi di mana fungsi ginjal secara bertahap menurun.

Ginjal berperan penting dalam menyaring produk limbah dan kelebihan cairan dari darah, yang kemudian dikeluarkan melalui urin.

Namun, ketika ginjal rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, cairan menumpuk di dalam tubuh dan berubah menjadi tumpukan limbah di dalam darah.

Menurut data riset dasar bidang kesehatan (Riskesdas) Menurut Kementerian Kesehatan tahun 2018, 739.208 orang atau 3,8% penduduk Indonesia menderita gagal ginjal kronis.

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan upaya, misalnya dengan menjalani pola hidup sehat dan menghindari makanan yang menjadi faktor perkembangan penyakit.

BACA JUGA:Tersedia di Pasar Grogolan Kota Pekalongan, Ini Dia Buah yang Dapat Sembuhkan Sakit Ginjal

BACA JUGA:Insya Allah Sembuh, Inilah 5 Cara Mengatasi Penyakit Ginjal Kronis Menurut dr Zaidul Akbar

Berikut Makanan yang Harus Dihindari untuk Menghindari Gagal ginjal kronis

1. Roti gandum utuh

Terlepas dari kenyataan bahwa roti gandum dikenal sebagai makanan sehat, penderita gagal ginjal kronis harus menghindari memakannya.

Kandungan serat, dedak, dan biji-bijian yang tinggi pada roti ini dapat meningkatkan kadar fosfor dan kalium. Alternatif terbaik untuk penderita ginjal adalah roti tawar.

2. Soda

Soda merupakan minuman yang harus dihindari oleh penderita gagal ginjal. Selain kandungan kalori dan gulanya, soda juga mengandung fosfor, terutama dalam versi gelapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: