Ternyata Ada Banyak Manfaat Melatih Anak Puasa Sejak Dini Lho Moms! Berikut Cara Aman Mengajarkannya

Ternyata Ada Banyak Manfaat Melatih Anak Puasa Sejak Dini Lho Moms! Berikut Cara Aman Mengajarkannya

Manfaat melatih anak puasa sejak dini.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ternyata ada banyak manfaat melatih anak puasa sejak dini yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

Selain itu, juga upaya kelak mereka terbiasa untuk menjalankan puasa, anak perlu diajarkan sejak dini. 

Dalam usaha mengajarkan puasa kepada anak, tentu perlu memperhatikan kondisi dan kemampuan anak. Bagi anak-anak yang baru mulai puasa, jika langsung melakukan puasa Ramadhan 1 bulan penuh tentu akan terasa berat dan melelahkan.

Itu sebabnya anak perlu dikenalkan secara bertahap sesuai usianya. Misal memasuki usia 2-3 tahun, anak mulai dikenalkan dengan ibadah puasa. Libatkan anak secara aktif untuk melihat langsung apa saja hal-hal yang dilakukan saat berpuasa.

Seperti mengajak anak ikut berbuka, ketika bangun di jam sahur juga di ajak sahur. Kemudian ketika memungkinkan anak juga diajak ikut tarawih di rumah, sehingga anak mulai familiar dengan ibadah puasa.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Aktifitas Seru di Bulan Ramadhan bareng Anak, Bikin Anak Lebih Kuat dan Semangat Berpuasa

BACA JUGA:Meriahkan Hari Raya dengan Baju Couple Lebaran Anak Muda yang Kece Badai! Tren Fashion Ramadhan 2024

Kemudian memasuki usia 4-5 tahun mulai ajak anak ikut merasakan puasa. Awali dengan puasa setngah hari terlebih dahulu, agar anak tidak kaget dengan aktifitas menahan haus dan lapar.

Kemudian memasuki usia SD, coba latih anak untuk berpuasa hingga maghrib. Jika masih belum terbiasa bisa dengan puasa sampai duhur, kemudian makan siang sejenak, dan dilanjutkan lagi puasa sampai maghrib.

Melatih anak puasa sejak dini seperti ini ternyata juga memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat Melatih anak puasa sejak dini.

Manfaat Melatih Anak Puasa Sejak Dini

1. Mengenalkan Ajaran Agama Kepada Anak

Dengan melatih anak berpuasa, orang tua juga sedang mengajarkan tentang nilai-nilai agama. Anak menjadi lebih banyak mengenal ibadah yang ada dalam agama Islam.

Karena ada banyak aktifitas ibadah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan  seperti tadarus Al-Qur'an, sholat berjamaah, zakat dan sedekah, dan ibadah lainnya. Dari sini keimanan anak kepada Allah SWT juga akan terus bertambah, menjadi lebih dekat dengan Tuhannya yang menciptakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: