3 Penyebab Wanita Bisa Kena Sakit Ginjal, Yuk Simak Ulasan Berikut Ini

3 Penyebab Wanita Bisa Kena Sakit Ginjal, Yuk Simak Ulasan Berikut Ini

Penyebab Wanita Bisa Kena Sakit Ginjal--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Ada beberapa penyebab wanita bisa kena sakit ginjal, mulai dari struktur anatomi tubuh, sampai faktor-faktor tertentu yang mengakibatkan rusaknya fungsi ginjal.

Karena itu, sebagai wanita sudah saatnya untuk peduli tentang hal ini agar di masa tua nanti fungsi organ ginjal bisa tetap berjalan dengan baik.

Sebab secara umum sakit ginjal termasuk yang mematikan nomor 10 besar dalam beberapa dekade saat ini khususnya buat para perempuan.

Melansir dari penelitian National Kidney Foundation, penyebab wanita bisa kena sakit ginjal kemungkinannya lebih tinggi daripada pria.

BACA JUGA:Rekomendasi 8 Jenis Buah ini Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ampuh Mencegah Komplikasi Ginjal

BACA JUGA:Inilah Daftar Pantangan Penderita Penyakit Ginjal yang Harus Dihindari, Bisa Memperparah Kondisi Tubuh

Wanita memiliki risiko terkena penyakit ginjal 14 persen. Sementara untuk laki-laki sebanyak 12 persen.

Nah, apa saja yang jadi penyebab wanita bisa kena sakit ginjal? Yuk simak ulasannya berikut ini supaya para wanita tahu.

1. Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi

Pertama yang jadi penyebab kenapa wanita lebih tinggi kemungkinannya terkena penyakit ginjal adalah karena penggunaan alat kontrasepsi.

Penggunaan alat kontrasepsi punya efek samping yang bisa membuat wanita terkena tekanan darah tinggi dan pembekuan darah.

Dua efek samping ini memicu organ ginjal bekerja dengan ekstra. Akibatnya organ ginjal pun bisa cepat rusak dan terjadi gangguan kesehatan.

2. Organ Wanita Rentan Kena Infeksi Saluran Kemih

Secara antomi tubuh, wanita memiliki risiko terkena infeksi saluran kemih. Hal ini membuat bakteri bisa berkembang biak dengan baik pada saluran kemih wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: