SD Muhammadiyah Kajen Isi Kegiatan Positif Ramadan dengan Pesantren Ramadan

SD Muhammadiyah Kajen Isi Kegiatan Positif Ramadan dengan Pesantren Ramadan

FOTO - Siswa-siswi SD Muhammadiyah Kajen berfoto bersama usai melakukan kegiatan pesantren Ramadan --

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID-Kegiatan Pesantren Ramadan 1445H / 2024 M SD Muhammadiyah Kajen selama bulan suci Ramadan menerapkan pola belajar seperti biasa dengan tatap muka dan dilaksanakan sedikit penyesuaian jumlah jam atau durasi belajar di kelas. 

SD Muhammadiyah Kajen juga mengisi kegiatan peningkatan budi pekerti pada masa bulan puasa kali ini yaitu dengan menggelar pesantren Ramadan yang dikemas dalam program Ramadan.

Pesantren Ramadan adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh SD Muhammadiyah Kajen untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran keagamaan. 

BACA JUGA:Latih Anak Usia Dini Peduli dan Belajar Bershodaqoh, PAUD Kecamatan Wiradesa Peduli Banjir Wangandowo

BACA JUGA:Sharing Perkembangan Dunia Pustaka, MPI PCM Pekajangan Silaturahmi ke Perpustakaan UNIKAL Pekalongan

Dilaksanakan selama bulan Ramadan, pesantren Ramadan ini bertujuan untuk memperdalam ajaran agama Islam pada peserta didik dan bisa menerima dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Pesantren Ramadan ini diikuti oleh peserta didik mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Acara Pesantren Ramadan ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti sholat dhuha & tadarus Al-Quran, kultum Ramadan, tadarus mengkhatamkan Al Qur'an serta pembelajaran tentang adab dan etika selama bulan Ramadan.

Menurut Kepala SD Muhammadiyah Kajen Mustariadi bahwa ia berharap acara bisa menjadi wadah bagi siswa dan guru untuk meningkatkan keimanan.

“Acara Pesantren Ramadan ini diharapkan mampu membuat peserta didik dan semua guru meningkatkan kualitas keimanan, kualitas sosial dan rasa empati terhadap lingkungan dan meningkatkan pengetahuan budi pekerti peserta didik selama mendapatkan pendidikan di sekolah ini," ucapnya.

BACA JUGA:MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Resmi Launching Perpustakaan Digital dan Peresmian Gedung Baru

BACA JUGA:Makin Maju, Unikal Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung A Baru

Tak hanya itu, kegiatan pesantren Ramadan ini juga mampu membawa manfaat bagi semua keluarga besar sekolah, dan membawa berkah bagi sekolah.

"Sehingga dari Pesantren Ramadan ini akan muncul peserta didik yang mempunyai kualitas dan karakter yang tinggi dalam diri peserta didik terhadap jiwa sosial dan keimanan masing-masing," pungkas Mustariadi.(mal)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: