Teladani Ulama, MI Salafiyah Kranji 02 Rutin Ziarah

Teladani Ulama, MI Salafiyah Kranji 02 Rutin Ziarah

ZIARAH - Para siswa MI Salafiyah Kranji 02 tengah mengikuti kegiatab ziarah makam. EKA ISDITYA

KEDUNGWUNI - Para siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Kranji 02 antusias mengikuti kegiatan ziarah makam, Minggu (17/03). Para siswa diajak mengunjungi makam salah satu sesepuh sekaligus wali Kabupaten Pekalongan, di Dukuh Kranji Kelurahan, Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Haul Mbah Nurul Anam yang dilangsungkan Rabu (20/03). Demikian diungkap Kepala MI Salafiyah Kranji 02, Abdullah Sirdan. "Kali ini kami ajak anak-anak ziarah ke makam setempat yang juga merupakan salah satu wali di Kabupaten Pekalonganan yang ikut babat tanah Pekalongan," ujar Pak Sirdan, sapaan karibnya.

Dijelaskan, setiap bulannya, kegiatan ziarah makam telah menjadi salah satu agenda yang rutin digelar dan dilaksanakan oleh para siswa MI Salafiyah Kranji 02. "Alhamdulillah untuk kegiatan ziarah ini kami agendakan tiap sebulan sekali dan untuk bulan ini kebetulan bersamaan dengan haul yang dilaksanakan 20 Maret atau 13 Bulan Rajab," jelasnya.

Seluruh siswa MI Salafiyah Kranji 02 mulai dari kelas I hingga kelas VI diajak untuk turut serta berkunjung di makam yang terletak tidak jauh dari madrasah. "Kami libatkan selurah siswa, sebagai bentuk praktik amaliah ahlussunah wal jamaah an nahdliyah," imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa dibiasakan agar senantiasa mendoakan dan mencintai para ulama. Tak hanya itu, melalui kegiatan ziarah, diharapkan para siswa dapat meneladani perilaku para ulama.

"Kegiatan ziarah ini juga sekaligus mengingatkan kita semua, sehebat apapun orang pasti akan meninggal dunia sebagai bentuk birrul walidain kepada orang tua nenek moyang," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: