Wujudkan Batang Tumandhang, Ini Prioritas Program Kerja Pemkab Batang 20 Tahun ke Depan

Wujudkan Batang Tumandhang, Ini Prioritas Program Kerja Pemkab Batang 20 Tahun ke Depan

BUKA - PJ Bupati Batang saat membuka Giat Musrenbang Penyusunan RPJPD. -IST-IST

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pemkab BATANG menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Bupati BATANG, Kabupaten BATANG, Rabu 27 Maret 2024. 

Kegiatan ini digelar sebagai langkah penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Batang tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Batang 2025-2045. 

Ada beberapa prioritas program kerja yang akan digarap Pemkab Batang selama 20 tahun ke depan dengan visi Batang Tumandhang.

Meliputi peningkatan kualitas SDM untuk daya saing tenaga kerja, ketahanan air dan energi, pengembangan sektor investasi, perwujudan ruang wilayah yang bedaya saing, stabilitas ketentraman dan ketertiban masyarakat, aksesbilitas wilayah serta transisi demografis.

BACA JUGA:Lewat Branding Batang Tumandhang, Pemkab Batang Komitmen Mandiri dalam Pembangunan

“Itu berdasarkan pada isu strategis dan tantangan pembangunan, arah kebijakan di level nasional dan provinsi, serta memperhatikan evaluasi capaian kinerja Kabupaten Batang selama 20 tahun ke belakang,” terang PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki. 

Selanjutnya, Kabupaten Batang dengan memperhatikan kondisi lingkungan dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, infrastruktur yang terintegrasi dan dapat memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan perekonomian.

“Hal terpenting adalah jangan membiarkan anak-anak kita hanya mempunyai pendidikan Sekolah Dasar saja, karena sudah punya lahan yang bisa digarap tapi harus dapat menyelesaikan sekolah setinggi-tingginya agar meningkatkan daya saing SDM dari daerah lainnya,” tegasnya. 

BACA JUGA:Siapkan Libur Lebaran, Disparpora Batang Minta Pengelola Tingkatkan Keamanan Wisata

Musrenbang dihadiri sejumlah unsur Forkopimda, DPRD Batang, BUMN, BUMD, Perguruan tinggi, Ormas, Tokoh masyarakat, Tokoh agama.

Lani menyebut, Musrenbang ini berfokus pada penyusunan RPJPD Kabupaten Batang yang akan menentukan arah kebijakan dan sasaran utama pembangunan.

“Dari hasil data pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batang tahun 2023 diangka 5,53 persen naik dari tahun sebelumnya 4,88 persen, sedangkan data kemiskinan pada tahun 2023 ada diangka 8,92 persen turun dari tahun sebelumnya 9,68 persen,” jelasnya.

Melihat ke depan Kabupaten Batang yang pertumbuhannya sangat pesat, jika tidak diimbangi tenaga kerja yang berdaya saing akan menjadi penonton saja pada akhirnya.

“Untuk itu, RPJPD Kabupaten Batang 2025-2045 dirasa perlu untuk disampaikan kepada masyarakat melalui forum Musrenbang ini," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan