Mahasiswa KKN IPB Ajak Warga Berkebun dengan Konsep Urban Farming

Mahasiswa KKN IPB Ajak Warga Berkebun dengan Konsep Urban Farming

KAJEN - Urban farming merupakan konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan yang berorientasi ke pelakunya yaitu masyarakat. Pada dasarnya di Perkotaan cenderung memiliki ciri khas lahan terbuka hijau yang terbatas.

Hal itu disampaikan oleh para mahasiswa IPB yang KKN di desa Kulu Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Salah satu mahasiswa KKN IPB, Shafira Karunia menerangkan bahwa kami mengambil dan menerapkan konsep tersebut untuk di terapkan pada pekarangan rumah warga yang cenderung sempit.

Maksud dan tujuannya sendiri guna meningkatkan produktivitas pekarangan rumah warga yang sudah ada dan memotivasi warga yang belum memanfaatkan pekarangan rumahnya sehingga warga juga dapat memaksimalkan potensi lokal yang ada dengan merawat pekarangan rumah masing-masing menjadi lebih bermanfaat.

"Karena banyak pekarangan rumah warga yang belum dimanfaatkan secara optimal, maka perlu dioptimalkan melalui kegiatan urban farming," terangnya.

Harapannya semoga kegiatan urban farming di desa ini dapat sustain atau berkelanjutan dan dapat menunjang ketahanan pangan khusus nya di masa pandemi covid-19.

Sementara itu, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian dari DKPP, Mulyono menambahkan bahwa terkait tentang cara menanam tanaman seperti cabai, tomat, jahe (tanaman hortikultura).

Terkait KWT (kelompok wanita tani), penggunaan alternatif media tanam dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: