PAN Batang Minta Zulhas Pimpin PAN Lagi, H. Juki: Kepemimpinannya Terbukti Adaptif dan Efektif

PAN Batang Minta Zulhas Pimpin PAN Lagi, H. Juki: Kepemimpinannya Terbukti Adaptif dan Efektif

BERSAMAI ZULHAS - Ketua DPD PAN Batang, H. Juki saat membersamai Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan jelang Pemilu lalu. PAN Batang Minta Zulhas Pimpin PAN Lagi di periode 2025-2030.-Dok. Istimewa-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dukungan dari berbagai daerah terus mengalir untuk Zulkifli Hasan, meminta Zulhas pimpin PAN lagi di periode 2025-2030. Kali ini giliran DPD PAN Kabupaten Batang yang meminta Zulhas melanjutkan kepemimpinannya di PAN, karena kinerjanya yang teruji dalam menjaga PAN tetap bertahan dan bahkan bertumbuh di fase krusial Pemilu Legislatif 2024 kemarin.

Ketua DPD PAN Kabupaten Batang, H. Juki, menyebut Zulhas terbukti mampu menjawab tantangan sekaligus mematahkan sejumlah prediksi negatif atas nasib PAN di Pileg 2024.

"Karena dinamika Pilpres dan sebagainya, banyak pihak termasuk pengamat underestimate bahwa PAN akan mampu berbuat banyak di Pemilu kemarin. Bahkan ada hasil survei yang memprediksi PAN tak akan lolos ambang batas parlemen. Ternyata hasil Pileg 14 Februari kemarin membalikkan banyak analisa negatif tersebut, dan tidak berlebihan untuk menyebut kepemimpinan Bang Zulhas menjadi salah satu faktor kunci," ungkap Juki didampingi Sekretaris DPD PAN Batang, Samsul Arifin, Senin 29 April 2024.

Dikatakan Juki, kepemimpinan Zulhas terbukti cukup adaptif menjawab berbagai perubahan dinamika politik yang meninggi selama tahun politik lalu. Kapasitas adaptif ini disebutnya selalu menjadi modal penting untuk survive, terutama menghadapi perubahan cepat dan eskalatif seperti di tahun politik 2024.

"Banyak ahli sepakat, bahwa di era perubahan cepat dunia selama 10 tahunan ini, adaptif ini menjadi kata kunci yang dibutuhkan tetap bertahan. Dan rumusan ini juga relevan untuk membaca perubahan-perubahan di dunia politik nasional. Dan kepemimpinan Bang Zulhas terbukti adaptif, karena mampu mengonsolidasikan partai dengan baik agar menyesuaikan diri dengan cepat di masa-masa transisi kepemimpinan nasional kemarin. Strategi politiknya terbukti efektif menyelamatkan PAN," jelas anggota DPRD Batang ini.

Meminta Zulhas Pimpin PAN lagi

Kesuksesan Zulhas juga dinilai memiliki ukuran yang jelas, yakni hasil Pemilu 2024. Diketahui, sesuai hasil penetapan KPU RI, perolehan suara PAN pada Pileg 2024 secara nasional sebanyak 10.984.003 atau 7,24 persen. 

"Artinya bukan saja PAN berhasil bertahan di parlemen, lebih dari itu, Bang Zulhas sukses membuat perolehan suara PAN naik hamper 10 persen. Menjadi istimewa, karena hasil ini diperoleh di masa-masa yang sulit bagi PAN sendiri. Karena keluarga PAN Kabupaten Batang juga satu suara untuk mendukung Zulhas pimpin PAN lagi," ujar Juki.   

Sementara Sekretaris DPD PAN Batang, Samsul Arifin menambahkan, kepemimpinan Zulhas yang adaptif juga tercermin dari keterwakilan wajah muda dalam daftar caleg PAN 2024 kemarin. Bahkan PAN masih dipercaya banyak artis sebagai kendaraan politik untuk menjadi wakil rakyat.

"Alhamdulillah, PAN selalu memberi tempat bagi kalangan muda hingga public figure untuk berjuang Bersama. Ini mengindikasikan kepemimpinan adaptif PAN di Bawah nahkoda Bang Zulhas, sehingga cukup diterima di kalangan generasi milenial sampai Gen Z," terangnya.

Selain itu, lanjut Samsul, sebagai Ketum PAN juga Zulhas telah mencontohkan model kepemimpinan dan kebijakan yang kolaboratif. Tak heran, meski harus berkoalisi dengan beberapa partai lain yang lebih besar, kiprah PAN melalui representasi Zulhas tetap bisa mewarnai.

"Jangan lupakan juga, sebagai Menteri Perdagangan Bag Zulhas juga cukup sukses menjaga stabilitas stok dan Harga komoditas pokok masyarakat, termasuk minyak goreng yang sempat menyulitkan masyarakat. Berbagai jejak kinerja ini menjadikan banyak kepengurusan PAN di daerah, termasuk Batang, yang meminta Bang Zulhas pimpin PAN lagi untuk periode 2025-2030," ucapnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: