Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Cenderung Stabil, Diprediksi Aksi Borong Seminggu Sebelum Hari H

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Cenderung Stabil, Diprediksi Aksi Borong Seminggu Sebelum Hari H

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Menjelang Hari Idul Adha 2024, harga hewan kurban di Pasaran Kabupaten Pekalongan cenderung stabil. Pasalnya, aksi borong biasanya terjadi seminggu sebelum hari H. 

Idul Adha 1444 sesuai kalender jatuh pada 17 Juni 2014 mendatang. Meski sudah mendekati, namun harga hewan kurban seperti sapi dan kambing belum begitu mengalami kenaikan signifikan. 

Adapun harga hewan kurban seperti sapi, harga mulai dari Rp 15 sampai 22 juta, tergantung jenis dan bobot sapi. Sedangkan harga kambing dari Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta, tergantung besar kecil kambing atau perkiraan berat hewan. 

Harga hewan kurban naik drastis biasanya mendekati hari H, seperti yang terjadi di Pasar Hewan Kajen ataupun lokasi tempat penjualan hewan kurban. 

Sedangkan dari tahun ke tahun, tak sedikit warga yang langsung memesan atau membeli hewan kurban ke peternak. Selain harga lebih murah, hewan dikirim langsung satu hari sebelum pemotongan. 

"Harga hewan kurban untuk sekarang ini masih stabil. Seperti sapi dari Rp 14 sampai 20 juta, tergantung jenisnya," ungkap Udin pedagang hewan kurban yang biasa mengirim ke warga. 

Terpisah, seorang pedagang kambing, Abdu mengaku untuk harga hewan kurban belum begitu mengalami kenaikan. Namun untuk tahun sebelumnya, dua minggu sebelum Idul Adha sudah mulai rame. 

"Sekarang masih sepi. Biasanya seminggu sebelum Idul Adha mulai rame. Untuk harga saat ini bervariasi dari Rp 2,5 sampai 4 juta," ujarnya.

Diakui, bahwa dari tahun ketahun, untuk masyarakat yang akan berkurban lebih praktis mendekati hari H. Karena dikirim sebelum penyembelihan sehingga tidak lagi susah patah mencari pakan sampai hari kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: