95 Peserta Ikuti Seleksi Anggota Panwascam Untuk Pilkada Serentak 2024

95 Peserta Ikuti Seleksi Anggota Panwascam Untuk Pilkada Serentak 2024

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 95 peserta mengikuti seleksi petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di UIN Gusdur Pekalongan, Selasa 14 Mei 2024.

Seleksi dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan November 2024 mendatang. 

Adapun kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti dipantau langsung Komisioner Bawaslu Provinsi Jateng, Wahyudi Sutrisno. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Mohammad Tohir menjelaskan, seleksi anggota Panwascam diselenggarakan dalam rangka menyiapkan petugas menjelang pelaksanaan tahapan Pilkada di Kota Santri. Sedangkan seleksi tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

''Dengan memakai sistem ini, maka saat seleksi berlangsung membutuhkan banyak komputer untuk mengerjakan soal,'' katanya kepada sejumlah wartawan.

Tohir menjamin, pelaksanaan tes yang digelar Bawaslu Kabupaten Pekalongan dalam tidak akan ada kecurangan dan kebocoran soal, Sebab materi soal yang diberikan kepada para peserta langsung langsung dari Bawaslu pusat.

''Masing masing peserta harus login dan menggunakan username serta password sendiri dengan waktu yang sudah ditentukan,'' katanya.

Untuk hasil seleksi tersebut, nantinya yang lolos sebanyak 19 orang dan akan ditempatkan di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Mereka yang lolos jumlahnya memang hanya 19 karena sesuai kebutuhan di lapangan. Sebab sebelumnya Bawaslu sudah memiliki anggota Panwascam yakni ketika pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif lalu.

Dengan demikian, seleksi ini untuk melengkapi jumlah Panwascam yang sebelumnya masih ada kekurangan anggota. Untuk penempatannya, nanti akan dibahas lagi daerah mana saja yang masih ada kekosongan petugas Panwascam.

"Diharapkan peserta yang lolos seleksi terbentuk Panwascam yang memiliki integritas tinggi memiliki komitmen yang tinggi memiliki profesionalitas yang tinggi," harapnya. 

Sementara Komisioner Bawaslu Provinsi Jateng, Wahyudi Sutrisno mengatakan pantauan ini dilakukan sebagai bentuk monitoring seleksi Panwascam untuk memastikan kelancaran tes CAT. 

Setelah menjalani tes, para peserta akan mengikuti tes berikutnya yakni wawancara. Rencananya, tiap-tiap kecamatan akan ditempatkan sebanyak tiga orang anggota Panwascam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: