Dukung Pekerja Terampil, Disperingkop dan UKM Batang Berikan Pelatih Melinting Rokok

Dukung Pekerja Terampil, Disperingkop dan UKM Batang Berikan Pelatih Melinting Rokok

Pelatihan Melinting Rokok dari Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang-IST-IST

BATANG,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID  - Puluhan karyawan Pabrik Rokok PT. Tebing Mas Tulis Makmur Kabupaten BATANG mengikuti pelatihan Melinting Rokok yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) BATANG, Rabu 15 Mei 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindagkop Batang Triossy Juniarto mengatakan, bahwa adanya pelatihan ini sebagai bentuk pembinaan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga tercipta tenaga terampil yang siap kerja.

“Ini merupakan wujud untuk meningkatkan daya saing SDM dan produk industri hasil tembakau agar standarisasi mutu dan tata cara produksi yang baik. Jadi, upaya ini untuk membina, menumbuhkembangkan sektor industri hasil tembakau terlebih tenaga kerja untuk melinting ini oleh industri rokok sekarang banyak di Kabupaten Batang,” jelasnya.

Melalui pelatihan yang dialokasikan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini menjadi salah satu upaya dalam menekan angka pengangguran dengan melatih dan mendidik tenaga kerja baru. 

“Materi yang diberikan langsung oleh praktisi perusahaan rokok dari MPS yang memang sudah berpengalaman dalam bidangnya yakni ada Anas, Uminah, Subiyanto, Andriani, dan Arief Megantoro,” terangnya.

Peserta akan diajarkan cara melinting tembakau dengan baik dan benar, karena melinting tembakau bukan hanya sekadar suatu pekerjaan, tetapi seni yang memerlukan keterampilan dan dedikasi.

Ia berharap, pelatihan ini juga menjadi salah satu upaya mewujudkan kemampuan pelaku industri dalam menghasilkan produk yang berkualitas. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan