Napi Lapas Pekalongan Dilatih Menjahit, Kalapas: Bekal WBP agar Hidup Mandiri setelah Bebas

Napi Lapas Pekalongan Dilatih Menjahit, Kalapas: Bekal WBP agar Hidup Mandiri setelah Bebas

Kalapas Pekalongan Asih Widodo saat mengunjungi ruang Bimbingan Kerja dan memantau pelatihan menjahit yang diikuti para WBP setempat, Selasa, 28 Mei 2024.-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana (napi) Lapas Kelas IIA Pekalongan sampai saat ini terus mendapat pembinaan kemandirian di lapas setempat, salah satunya dilatih ketrampilan menjahit.

Pembinaan kemandirian narapidana melalui pelatihan menjahit ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Lapas (Kalapas) Pekalongan Asih Widodo.

Dia juga berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pembinaan kemandirian bagi para WBP Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hal ini salah satunya dibuktikan dengan kunjungannya langsung ke Bimbingan Kerja (Bimker) Lapas Pekalongan, Selasa (28/5/2024), untuk memantau dan mengontrol jalannya kegiatan pembinaan, khususnya di bidang menjahit.

Dalam kunjungannya, Asih Widodo didampingi oleh Kasubsi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja, Sahren, dan beberapa staf terkait.

BACA JUGA:Latih WBP Menjahit dan Membatik, Lapas Pekalongan Gandeng DMA Collection dan Batik Mulasari

BACA JUGA:Produk Lapas Pekalongan Ikut Berpartisipasi dalam Dekranas Expo 2024

Kalapas menyempatkan diri untuk berdialog dengan para WBP yang sedang mengikuti pelatihan menjahit, meninjau langsung proses produksi, dan memberikan arahan kepada warga binaan.

Asih Widodo menyampaikan bahwa pembinaan kemandirian merupakan salah satu fokus utama Lapas Pekalongan dalam rangka mempersiapkan WBP untuk kembali ke masyarakat dengan bekal keterampilan yang bermanfaat.

"Pembinaan kemandirian ini sangat penting bagi WBP, agar mereka memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari nafkah setelah bebas nanti. Selain itu, kegiatan ini juga membantu mereka untuk mengisi waktu luang dengan hal yang positif dan produktif," jelas Asih.

Dia menambahkan, Lapas Pekalongan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembinaan kemandirian dengan menyediakan berbagai macam pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, perkayuan, peternakan, dan perikanan.

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Terima Mesin Jahit dari Dinas Sosial Kota Pekalongan

BACA JUGA:Kegiatan Kerja dan Program Kemandirian di Lapas di Apresiasi Kemenkumham

Selain itu juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti instansi pemerintah, swasta, dan lembaga pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: