Kader PKK Kota Pekalongan Diajak Bikin Jamu Kekinian dari Berbagai Jenis Tanaman Obat

Kader PKK Kota Pekalongan Diajak Bikin Jamu Kekinian dari Berbagai Jenis Tanaman Obat

Kader PKK Kota Pekalongan dilatih membuat minuman/jamu kekinian dengan bahan lokal.-FOTO-Dok. Istimewa

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Para Kader PKK Kota Pekalongan dilatih membuat minuman/jamu kekinian dengan bahan lokal.

Sehingga melalui pelatihan ini nantinya, para kader bisa memberdayakan berbagai jenis tanaman obat dan memperkaya berbagai resep-resep jamu kekinian.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Maskara yang Melentikkan dan Waterproof, Bikin Bulu Mata Menawan Tanpa Lash Lift

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengatakan bahwa pihaknya ingin mendorong agar para Kader PKK memiliki usaha tambahan seperti membuat minuman/jamu kekinian.

"Output dari pelaksanaan pelatihan ini, harapannya terbentuk kelompok pembuat jamu kekinian  agar bisa menjadi income keluarga dan masyarakat bisa produktif," terang Inggit melalui keterangan yang dibagikan, Senin (27/5/2024). 

BACA JUGA:Tantangan, Pandangan hingga Eksistensi BPIP Sebagai Pengawal Ideologi Bangsa

Inggit menjelaskan bahwa semakin banyak variasi resep maka akan semakin banyak tanaman obat atau bahan lokal yang bisa digunakan. Di samping itu, dalam pembuatan jamu kekinian diperlukan juga ukuran berat atau jumlah yang proporsional untuk setiap komposisinya. 

Pembuatan minuman/jamu kekinian dari bahan lokal ini akan lebih memperhatikan kualitas bahan yang digunakan, takaran setiap bahan yang akan diolah, selain itu juga diperhatikan juga terkait kebersihan baik alat, tempat dan lainnya.

BACA JUGA:Jokowi dan Sejumlah Menteri Takziah ke Rumah Duka Istri Habib Luthfi dan Menyalatkan Jenazah Almarhumah

Dalam pelatihan pembuatan minuman/jamu kekinian dari bahan lokal ini merupakan pelatihan pengolahan bahan lokal menjadi menu kreasi dan inovasi sekaligus memberikan pengetahuan tentang minuman sehat dan bergizi.

BACA JUGA:Dalam Kurun Waktu 4 Bulan, Kantor Bea Cukai Tegal Razia 8.8 Juta Batang Rokok Ilegal

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, pelatihan ini semoga dapat mengembangkan Kader PKK kelurahan dan kecamatan se-Kota Pekalongan," tandasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: