Gandeng Catra Kopi, Mahasiswa PSDKU Undip Pratik Live Shoping di Platform Belaja Online

Gandeng Catra Kopi, Mahasiswa PSDKU Undip Pratik Live Shoping di Platform Belaja Online

Gandeng Catra Kopi, Mahasiswa PSDKU Undip Pratik Live Shoping di Platform Belaja Online-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Tak hanya belajar materi, mahasiswa PSDKU Undip BATANG belajar praktik kewirausahaan secara langsung. Seperti yang dilakukan mahasiswa Program Studi D3 Administrasi Pajak Undip PSDKU BATANG. Mereka melaksanakan praktikum kewirausahaan lewat Live Shoping di Badan usaha milik desa (Bumdes) Desa Pesantren, Kecamatan Blado BATANG, Rabu 5 Juni 2024.

BACA JUGA:Belum Terakreditasi A, PSDKU Undip Batang Tahun Ini Tak Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan Ropinov Saputro mengatakan, bahwa program praktik kewirausahaan untuk mengembangkan semangat peluang berwirausaha. Maka sangatlah penting, terutama setelah mereka keluar dari perguruan tinggi.

Meskipun, jumlah SKS Kewirausahaan kecil hanya 2 SKS. Namun mengingat semakin sulitnya lulusan dalam mencari kerja, kewirausahaan menjadi salah satu tumpuan luaran pendidikan di UNDIP.

BACA JUGA:Baru Buka Beberapa Tahun, PSDKU Undip Batang Tak Bisa Terima Mahasiswa Baru Lagi, Ini Penyebabnya

“Untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan anak muda kita tantangannya sangatlah besar. Sehingga lulusan harus dibekali kemampuan wirausaha sesuai dengan perkembangan digitalisasi saat ini,” jelasnya.

Kegiatan ini menjadi perkuliahan di luar kampus sesuai indikator kinerja utama perguruan tinggi negeri. Dimana turut bersinergi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Sulap Pangan Lokal Naik Kelas, Catra Kopi Bawa Desa Pesantren Lebih Berdikari

“Jadi salah satunya yang menjadi kelas tatap muka bagi mahasiswa yakni Catra Kopi dan Canggal Craft usaha milik Desa Pesantren dipimpin Barozi yang salah satu desa penopang kampus kita. Disana mahasiswa PSDKU UNDIP Batang bisa berkontribusi dalam menjawab permasalahan yang dihadapi dengan Live e-Commerce,” terangnya.

Adanya program praktik kewirausahan dihadirkan oleh PSDKU UNDIP Batang ini mengingat semakin sulitnya lulusan baru dalam mencari pekerjaan. Itu sebabnya. Kami menempatkan kewirausahaan menjadi program prioritas.

Ia berharap, para mahasiswa untuk terus menyiapkan diri dengan bekal kewirausahaan dan setelah lulus bisa bersaing dengan mahasiswa yang lainnya di bidang kewirausahaan dengan perkembangan digital. (Nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan