PD Rifa'iyah Kabupaten Pekalongan Gelar Lokakarya Kurikulum Ushul Fiqh Tasawuf

PD Rifa'iyah Kabupaten Pekalongan Gelar Lokakarya Kurikulum Ushul Fiqh Tasawuf

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pengurus Daerah (PD) Rifaiyah Kabupaten Pekalongan, menggelar lokakarya Kurikulum "Ushul Fiqh Tasawuf" untuk TPQ dan Madrasah Diniyah Awaliyah, di Kecamatan Kedungwuni.

Lokakarya dilaksanakan bertujuan untuk memastikan kurikulum pembelajaran di tingkat Taman Pendidikan Al Qur'an dan Madrasah Diniyah Awaliyah berjalan dengan baik. 

"Pembelajaran diniyah untuk anak-anak harus dipastikan bisa memberikan pondasi baik dalam pembentukan akhlak, aqidah, baca tulis Al qur'an maupun keilmuan fiqh ibadah," terang Ketua PD Rifa'iyah Kabupaten Pekalongan, Kiai Abdul Basith Azis. 

Ia menjelaskan, anak-anak lulusan Madrasah Diniyah Awaliyah juga diharapkan memiliki keterampilan membaca dan menulis Arab pegon. Menurutnya Arab pegon menjadi kebutuhan dasar bagi santri untuk mengembangkan keilmuannya. Terlebih di masyarakat Rifa'iyah yang banyak mengkaji ilmu ushuluddin, fiqih dan tasawuf menggunakan referensi kitab-kitab tarajumah karya syaikh Ahmad Rifa'i, dengan tulisan arab pegon. 

Kurikulum ushul fiqih tasawuf ini sebelumnya telah dirumuskan oleh Tim yang dibentuk dari Pimpinan Pusat Angkatan Muda Rifa'iyah. Dalam Lokakarya ini menyepakati kurikulum yang akan digunakan TPQ dan Madrasah Diniyah dalam naungan Rifa'iyah. 

Ketua Tim Perumus Kurikulum, KH. Izzuddin, menjelaskan kurikulum ushul fiqih tasawuf ini telah mulai disusun lebih dari setahun yang lalu. Dalam penyusunannya telah didasarkan pada konsep pendidikan anak, yang banyak diajarkan dalam kitab-kitab Syaikh Ahmad Rifa'i dan kitab lainnya. 

"Harapannya kurikulum ini bisa membantu TPQ dan Madrasah Diniyah untuk menentukan standar kompentensi lulusannya," Terang KH. Izzuddin yang juga pengasuh Pondok Pesantren An Nasihun Kedungwuni Pekalongan.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PW Rifa'iyah Jawa Tengah, Kiai Mahfudz Isrofi dan Ketua Forum Komunikasi Anak Rifa'iyah (Fukar) KH. Mudhor Hasbi dan para kepala TPQ serta Madrasah Diniyah di bawah naungan Rifa'iyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: