KPU Kabupaten Pekalongan Persiapkan Teknis Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup

KPU Kabupaten Pekalongan Persiapkan Teknis Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Pekalongan, Syafiq Naqsabandi--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan telah mempersiapkan teknis pendaftaran Bakal Calon Bupati - Wakil Bupati (Cabup - Cawabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 mendatang. 

Hal itu dibenarkan Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Pekalongan, Syafiq Naqsabandi. Menurutnya, untuk saat ini KPU Kabupaten Pekalongan sedang melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Kemudian Coklit dijadikan sebagai dasar untuk menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diambil dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4. 

"Tahapan selanjutnya adalah Pendaftaran Calok Bupati dan Wakil Bupati yang dibuka mulai 27 sampai 29 Agustus 2024 yang akan ditetapkan Pasangan Calon pada 22 September 2024," terangnya. 

Untuk saat ini lanjut dia, KPU Kabupaten Pekalongan masih menyusun petunjuk teknis yang akan disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang akan dilaksanakan minggu ini di Semarang. 

"Nanti akan dibahas tahapan seperti apa, karena menuju penetapan ada verifikasi, tes kesehatan atau yang lebih ke teknis," ujarnya. 

Dengan pesta demokrasi mendatang, diharapkan masyarakat bisa menyambut dengan gembira, dan kondusif. 

"Harapannya pesta demokrasi berjalan kondusif dan aman tidak ada konflik," harapnya. 

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di rumah dinas pendopo untuk Pilkada 2024 mendatang. Adapun Coklit dilakukan oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Desa Langkap Kecamatan Kedungwuni karena terdaftar di TPS 3 desa setempat. 

Dalam pencoklitan, petugas datang ke rumah Dinas Bupati, didampingi Ketua KPU bersama komisioner, Bawaslu serta PPK dan Panwascam Kedungwuni. Adapun pada Pilkada serentak November 2024 mendatang, Bupati Fadia tercatat sebagai pemilih di TPS 3 Desa Langkap Kecamatan Kedungwuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: