Copet Perempuan Beraksi di Penyambutan Jamaah Haji di Kota Santri Pekalongan, Video Amatirnya Viral di Medsos

Copet Perempuan Beraksi di Penyambutan Jamaah Haji di Kota Santri Pekalongan, Video Amatirnya Viral di Medsos

Aksi tangan pencopet saat merogoh tas korbannya terekam kamera video warga.-Tangkapan layar media sosial.-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Aksi diduga copet perempuan beraksi di penyambutan jamaah haji di Kabupaten Pekalongan viral di media sosial. Mirisnya, terduga pelaku pencopetan itu merupakan seorang perempuan berkerudung.

Sebanyak 322 jamaah haji dari kloter 34 asal Kabupaten Pekalongan tiba di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan, Selasa siang, 2 Juli 2024. Disusul 355 jamaah haji tiba dari kloter 35 pada malam harinya.

Tradisi di Kota Santri Kabupaten Pekalongan, jamaah haji yang baru tiba akan disambut ribuan warga di kampung halamannya di pendopo rumah dinas Bupati. Keramaian inilah dimanfaatkan pencopet untuk melancarkan aksinya.

Aksi yang diduga pencopetan ini tidak sengaja terekam kamera handphone (Hp) warga di tengah acara penyambutan jamaah haji Kabupaten Pekalongan tersebut. Perekam video itu seorang anak kecil. Aksi pencopetan baru disadari saat video itu dilihat ulang paska kejadian itu terjadi. 

Video aksi seorang wanita yang terduga pencopet ini diposting di Instagram@Pekalonganinfo dan viral di medsos. Dalam postingan itu, tampak video berdurasi 43 detik memperlihatkan aksi pencopet di tengah keramaian penyambutan jamaah haji.

Baca juga:Kawanan Copet di Pekan Raya Kajen 2023 Dibekuk Polisi, Beraksi di Depan Kasat Reskrim yang Nyaru jadi Penonton

Dalam video tampak seorang wanita berkerudung hitam dengan menggunakan masker warna putih, berada di tengah-tengah kerumunan warga dan jamaah haji. Saat mereka lengah karena melepas rindu dan saling berpelukan, pelaku memanfaatkannya dengan merogoh tas kecil yang memang sudah dalam kondisi terbuka. Aksi tangan yang merogoh tas kecil juga terekam kamera Hp di menit 0.24.

Selain foto-foto dan video, dalam postingan tersebut juga diberi keterangan berupa tulisan. Yakni, 'Warga tak sengaja merekam aksi pencopet perempuan saat beraksi di momen kepulangan jamaah haji warga Pekalongan, Selasa (02/7/24) siang ini'.

'Kebetulan pada saat gerbang untuk orang umum dibuka dan semua orang boleh masuk ke area pendopo kab Pekalongan. Kemungkinan pelaku sengaja memanfaatkan momen keramaian untuk mengincar korban'.

'Menurut informasi dari keluarga dompet yang dicuri berisi uang Rupiah 2jt'.

Kasat Reskrim Polres Pekalongan, AKP Isnovim, Rabu, 3 Juli 2024, mengatakan, hingga Selasa malam pihaknya belum menerima laporan dari warga terkait aksi pencopetan saat penyambutan jamaah haji di pendopo tersebut. 

"Kami belum menerima adanya laporan soal itu. Kita juga sudah cek ke Polsek Kajen, juga belum menerima adanya laporan apapun soal aksi itu," kata dia.

Ia berharap agar pihak korban untuk segera melaporkan kejadian dugaan pencopetan itu ke kantor polisi. Agar polisi bisa segera menindaklanjutinya.

"Kami berharap pihak korban untuk segera melaporkan ke Polsek atau Polres, untuk segera kita tindaklanjuti," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: