Wujudkan Jateng Sebagai Penumpu Pangan Nasional, Pemprov Percepat Program Pompanisasi

Wujudkan Jateng Sebagai Penumpu Pangan Nasional, Pemprov Percepat Program Pompanisasi

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno memimpin rapat koordinasi percepatan pompanisasi dan irigasi perpompaan di Hotel Grasia Semarang, Kamis 4 Juli 2024.-istimewa-

SEMARANG - Untuk mewujudkan visi misi sebagai penumpu pangan nasional, Pemerintah Provinsi Jateng akan menggenjot program pompanisasi dan irigasi.

 "Ini merupakan langkah awal, karena dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah 2025-2045, Jawa Tengah ditetapkan pemerintah pusat sebagai penumpu pangan dan industri nasional," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno di sela rapat koordinasi percepatan pompanisasi dan irigasi perpompaan di Hotel Grasia Semarang, Kamis 4 Juli 2024.

Apalagi, lanjut Sumarno, produksi beras di Jateng sempat mengalami penurunan akibat dampak El Nino. Sehingga adanya program pompanisasi ini diharapkan mampu mengantisipasi dampak kemarau panjang dan meningkatkan produktivitas pangan.

Menurut Sumarno, program pompanisasi bukan sekadar memastikan ketersediaan alatnya, tetapi juga memastikan sumber daya airnya.

Oleh karenanya,  keterlibatan Dinas Pekerjaan Umum dan stakeholder terkait dalam koordinasi manajemen pengelolaan sumber daya air sangat diperlukan.

"Kami berharap dalam rakor ini bisa menghasilkan langkah-langkah  untuk mengakselerasi pemanfaatan dari pompanisasi ini," kata dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng, Supriyanto mengatakan, rakor tersebut dalam rangka mengantisipasi kondisi El Nino 2023 - 2024. Selain itu juga untuk mewujudkan ketahanan pangan di tengah kondisi iklim yang ekstrem.

"Kegiatan pompanisasi bertujuan untuk menyediakan air, sehingga bisa mewujudkan perluasan areal tanam. Ini akan intensif dilakukan untuk mengairi lahan pertanian di luar irigasi reguler dengan menggunakan pompa," katanya.

Dijelaskan dia, realisasi penambahan luas areal tanam di Jateng hingga pertengahan Mei 2024 tercatat sebanyak 46.445 hektare. Penambahan luas tanam sebagai bentuk adanya program pompanisasi. 

Pada 2024, Provinsi Jateng mendapat alokasi 1.682 irigasi perpompaan di 35 kabupaten/Kota, dan 4.340 unit pompa di 32 kabupaten/kota. Progress pencapaian fisik irigasi perpompaan Jateng tahap pertama per kabupaten sudah mencapai 70 persen. 

"Sedangkan pemasangan atau pemanfaatan pompa sebesar 69,7 persen dari 4.340 unit," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: