Catat Ini, Pelajar Batang Bakal Tampilkan Sendratari Sigandu

Catat Ini, Pelajar Batang Bakal Tampilkan Sendratari Sigandu

BIMTEK - Disdikbud Batang saat menggelar Bimtek Seni Musik dan Seni Tari Kreasi Baru Tahun 2020. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Kesenian di Batang dari tahun ke tahun mulai menujukkan taringnya. Terbukti beberapa tahun terakhir nama Batang berhasil berjaya di berbagai lomba kesenian tingkat nasional. Seperti melalui Tarian Prajurit Ki Ageng Gringsing yang berhasil meraih Juara Raih Juara Umum Keprajuritan Nusantara.

Serius menggarap hal tersebut, Batang pun kini menyiapkan khasanah tari kreasi baru. Setelah adanya Tari Batik dan Simo Gringsingan, kini Batang bersiap dengan Sendratari Sigandu. Bahkan rencananya, sendratari ini akan dipentaskan di Atraksi Budaya berbasis Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Jateng yang akan digelar, Minggu di Batang Dolphin Center Sigandu. (9/2).

"Rencananya kami sudah memilih pelajar dari 15 Kecamatan se Batang untuk mementaskan Sendratari Sigandu. Sendratari ini kami buat untuk mendukung program Visit Batang 2022 Heaven of Asia, dan mendukung Program 4 Si dari, yakni Sigandu, Silurah, Sikuping dan Sikembang. Dan kami gelar bimtek untuk memantapkan penampilan Sendratari Sigandu pada tanggal 9 nanti," jelas Sekretaris Disdikbud Batang, Bambang SS saat diwawancarai dalam Bimtek Seni Musik dan Seni Tari Kreasi Baru Tahun 2020, Kamis (6/2).

Kabid Kebudayaan Disdikbud Batang, Kustantinah menjelaskan, dalam kesempatan ini pihaknya menggandeng narasumber bimtek dari Dinas Pariwisata Jateng, Yoyok Bambang P. Dan untuk Sendratari ini bakal dipentaskan oleh 70 pelajar dari 15 Kecamatan se Batang yang terpilih dan sudah memiliki sertifikat dalam bidang terkait.

Setelah menjalani persiapan dan latihan selama dua bulan, para pelajar akan digembleng dengan bimtek. Dengan harapan persiapannya bakal lebih matang dan bisa memberikan sajian terbaik dalam kegiatan Atraksi Budaya berbasis Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Jateng.

"Kami harapnya ke depan dengan adanya bimtek ini dapat mengajak generasi muda di Batang untuk lebih mencintai kesenian. Terlebih Batang kini juga memiliki khasanah kesenian yang cukup banyak, seperti tari Gringsingan, Sendratari Sigandu dan lainnya," harapnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: