Jadi Balon Gubernur Terpopuler, Kaesang Pangarep Berpotensi Menangkan Pilgub Jateng

Jadi Balon Gubernur Terpopuler, Kaesang Pangarep Berpotensi Menangkan Pilgub Jateng

Berdasarkan hasil survai LSI, Kaesang Pangarep menjadi balon gubernur Jateng paling populer.-Disway -

JAKARTA- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pengarep ternyata menduduki urutan tertinggi tingkat popularitas bakal calon (Balon) Gubernur Jawa Tengah, berdasarkan hasil survai yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru baru ini.

Terkait hasil survei LSI tersebut, pengamat politik, Yusfitriadi memberikan pendapatnya. Menurutnya, ada tiga faktor yang membuat nama Kaesang Pangarep berada diurutan tertinggi tingkat popularitasnya.

“Faktor pertama adalah Kaesang merupakan tokoh populis. Nama Kaesang telah naik daun secara nasional karena banyak pemberitaan, baik positif maupun negatif, yang melibatkan dirinya," ujar Yusfitriadi pada awak media.

Kaesang juga cukup populer di kalangan anak muda. Sebagai ketua umum PSI, dia mewakili kaum muda, dan inilah yang membuatnya mendapatkan peringkat tinggi dalam survei LSI.

“Sehingga kaesang itu merepresantikan kaum muda oleh karena itu dia mendapatkan angka yang cukup populis survei LSI tersebut,” pungkasnya.

Faktor kedua, Yusfitriadi menyebutkan hanya nama Kaesang yang merupakan tokoh nasional untuk maju di Pilgub Jateng. Sementara yang lain itu adalah aktor aktor politik lokal. 

Sehingga menurut Yusfitriadi, kondisi akan berbeda jika ada tokoh nasional yang juga ikut untuk maju dan bersaing di Pilgub Jawa Tengah.

“Karena Kaesang memiliki profil nasional, dia lebih populer daripada tokoh lokal, terutama setelah dia mengambil posisi sebagai ketua umum PSI," tegas Yusfitriadi.

Namun, menurut analisis Yusfitriadi, jika situasi tetap sama dan tidak ada tokoh nasional lain yang bersaing, Kaesang memiliki potensi besar untuk memenangkan Pilgub Jateng.

“Tapi kalau tidak ada dan formasinya masih begini, selesai sudah itu barang,” ucapnya

Sementara untuk faktor ketiga, pengamat politik itu menyebutkan lagi lagi karna ada faktor pengaruh Presiden Jokowi ditambah Jawa Tengah sendiri diisi oleh perangkat perangkatnya Jokowi.

“Tentu semua warga Jawa Tengah tahu, bahwa Kaesang adalah adiknya Gibran dan sudah hampir dipastikan, Gibran juga dalam tanda kutip cawe cawe karena Gibran juga kan masih menjabat Walikota Solo, sehingga tentu saja pengaruh keluarga jokowi sangat kuat," tandas Yusfitriadi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: