Masih Gratis, Grand Batang City Siapkan Bus Listrik untuk Keliling KITB

Masih Gratis, Grand Batang City Siapkan Bus Listrik untuk Keliling KITB

BEROPERASI - Bus listrik saat beroperasi di area Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City bakal melakukan uji coba kendaraan bus listrik akhir Juli nanti. Saat ini ada tiga bus listrik yang akan dioperasikan, dan di masa uji coba akan dilayani secara gratis. 

Kepala Divisi Corporate Sekretariat KITB, M Burhan Murtaki menjelaskan bahwa bus tersebut dapat dimanfaatkan para pekerja. Selain itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum saat berada di area KITB. 

"Di Plelen disediakan area parkir untuk penumpang bus listrik di beberapa titik. Bus akan keliling terus, masyarakat umum bisa menumpang, tarif belum ditentukan, sekarang masih gratis," ucapnya.

Bus listrik Higer Azure dan BYD ini dijadwalkan beroperasi mulai pukul 06.00-19.00 WIB. Bus akan keliling kawasan dari titik Plelen di timur hingga Ipal KITB di sebelah ujung barat kawasan. Satu bus memiliki kapasitas hingga 30 tempat duduk, dan bisa menampung hingga 60 orang.

Nantinya bus akan metode berbayar dengan transaksi menggunakan e-money. Tarifnya sendiri juga belum ditentukan karena masih dalam masa ujicoba untuk mobilitas para pekerja yang ada di KITB. Bus listrik juga didesain ramah difabel.

Muhammad Sofari, pengemudi bus listrik menjelaskan bahwa bus listrik tersebut lebih senyap dan ramah lingkungan. Bus yang beroperasi merupakan buatan tahun 2023, dengan kapasitas batrai 350 KW dan bisa menempuh jarak 300 kilometer.

"Kalau nyetirnya sama, cuma ada tombol-tombol tertentu. Ini lebih senyap juga. Rencananya untuk mobilitas di KITB," tandasnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: