Alhamdulillah, 14 Warga Batang Terima Beasiswa Penuh S-1 Agri Bisnis PSDKU UNDIP

Alhamdulillah, 14 Warga Batang Terima Beasiswa Penuh S-1 Agri Bisnis PSDKU UNDIP

Alhamdulillah, 14 Warga Batang Terima Beasiswa Penuh S-1 Agri Bisnis PSDKU UNDIP-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN – Pemerintah Kabupaten BATANG memberikan 14 beasiswa penuh untuk anak berasal dari Kabupaten BATANG di Ruang Abirawa Bupati BATANG, Kabupaten BATANG, Senin 29 Juli 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini melakukan pertemuan dan penandatanganan perjanjian kepada mahasiswa terpilih yang menerima beasiswa penuh dari Pemkab Batang.

“Beasiswa yang diberikan ada 14 mahasiswa dengan rincian 10 beasiswa dari anggaran APBD dan 4 beasiswa dari bantuan PT. KITB senilai Rp43.200.000,00 setiap tahun untuk biaya pendidikan, seragam, tempat tinggal, peralatan sekolah, dan akomodasi selama 4 tahun,” jelasnya.

Mahasiwa terpilih yang mendapatkan beasiswa akan masuk jurusan S1 Agri Bisnis di PSDKU UNDIP Batang. Dengan adanya beasiswa bertujuan untuk bisa meningkatkan IPM Kabupaten Batang dan untuk membantu anak dengan akademisi baik dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu.

“Beasiswa yang diberikan pada ajaran baru memang sedikit, karena keterbatasan waktu yang mepet. Makanya, ke depan Pemkab Batang akan segera melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan supaya dapat memberikan bantuan biaya pendidikan untuk anak kurang mampu di Kabupaten Batang,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengelola PSDKU UNDIP Batang Bambang Waluyo Hadi Prasetyono menyampaikan, UNDIP Batang baru membuka jurusan S1 Agri Bisnis dengan kuota 60 mahasiswa.

“Untuk mahasiswa dari Kabupaten Batang sendiri ada 23 mahasiswa yang terdiri dari 10 mahasiswa dari beasiswa APBD, 4 mahasiswa dari bantuan KITB, 5 mahasiswa dari bantuan perusahaan swasta, dan 4 mahasiswa secara mandiri,” tuturnya.

Pola pendidikan yang di PSDKU UNDIP Batang berbeda dari kampus utama, karena disini menggunakan semi militer supaya mahasiswa dapat disiplin dan teratur pola hidupnya.

“Tidak hanya itu, mahasiswa yang menerima beasiswa selama 8 semester itu harus mempunyai IPK cumlaude dan batas minimal 2,75. Jika ada mahasiswa yang mendapatkan IPK dibawah 2,75 secara berturut-turut akan diputus beasiswanya,” ujar dia.

Ia berharap, mahasiswa yang menerima beasiswa bisa fokus belajar dengan tekun dan rajin untuk dapat nilai cumlaude agar setelah lulus nanti bisa mendapat pekerjaan yang bagus. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: