Pernah Mimpi dan Jadi Kenyataan? Atau Sadar dalam Mimpi? Inilah 4 Kategori dan Jenis Mimpi dalam Tidur Manusia

Pernah Mimpi dan Jadi Kenyataan? Atau Sadar dalam Mimpi? Inilah 4 Kategori dan Jenis Mimpi dalam Tidur Manusia

Kategori dan jenis mimpi dalam tidur-Freepik-

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Inilah 4 kategori dan jenis mimpi dalam tidur manusia ini perlu kamu ketahui, siapa tahu kamu pernah mengalami salah satu atau semuanya.

Fenomena mimpi yang muncul dalam tidur manusia memang selalu menarik menjadi perbincangan, ada banyak sudut pandang yang mencoba mengupasnya.

Ada yang menganggapnya sebagai fenomena mencuatnya isi-isi yang ada di dalam alam bawah sadar manusia, ada yang menganggap sebagai sebuah petunjuk hidup, sampai ada pula yang menanggapnya sebagai pintu gerbang antara dunia nyata dengan dunia gaib.

BACA JUGA:Khasiat Burdah Khusus, Inilah Bait Burdah untuk Bisa Bermimpi Rasulullah SAW

Selain memiliki tafsir yang banyak, mimpi ternyata memiliki beberapa kategori dan jenisnya tersendiri. Berikut adalah 4 kategori dan jenis mimpi dalam tidur manusia, dilansir dari buku "The Art of Lucid Dreaming" yang disusun oleh Daud Antonius.

1. Normal Dream

Jenis yang pertama ada normal dream dan day dreaming, kedua mimpi ini bisa dikatakan masih cukup normal dan sering dialami oleh banyak orang.

Normal dream terjadi seperti kita sedang menyaksikan sebuah tayangan atau kita sendiri yang sedang berperan di dalamnya.

Pada jenis mimpi ini kita cenderung pasif dan tidak bisa mengatur sendiri peran ataupun tayangan yang kita mau.

2. Nightmares

Seperti namanya, jenis mimpi ini memang berisi mimpi-mimpi yang menyeramkan dan sering kali mengganggu tidur manusia, itulah mengapa nightmares juga dikategorikan ke dalam salah satu gangguan tidur.

BACA JUGA:Sering Mimpi Buruk? Lakukan Hal Ini Agar Terhindar Mimpi Buruk Saat Tidur Menurut Ustaz Adi Hidayat

Nightmares atau mimpi buruk sebenarnya tidak berdampak langsung pada dunia nyata, namun jika terjadi terus-menerus akan mengganggu waktu istirahat seseorang yang juga akan mempengaruhi emosi dan kondisi psikologis.

Mimpi buruk yang terjadi pada anak biasanya dipengaruhi oleh sebuah kejadian ataupun tontonan di dunia nyata yang menakutkan. Sedangkan pada orang dewasa, mimpi buruk bisa terjadi karena adanya kegelisahan, kecemasan, ketakutan, atau kondisi psikologis tertentu pada orang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: