Kenali 8 Makam Wali di Sapuro Pekalongan, Banyak Diisi Tokoh Hebat

Kenali 8 Makam Wali di Sapuro Pekalongan, Banyak Diisi Tokoh Hebat

8 makam wali di Sapuro-flickr.com-

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Mari kita kenali 8 makam wali di Sapuro Pekalongan, kompleks pemakaman besar yang banyak diisi tokoh-tokoh hebat.

Di Kota Pekalongan terdapat satu kompleks pemakaman muslim yang ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah, bahkan kadang ada yang dari pulau Jawa dan luar negeri.

Namanya kompleks pemakaman Sapuro, terletak di wilayah Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat. Di Sapuro inilah banyak dimakamkan tokoh-tokoh hebat dari kalangan habaib, kyai, maupun para syuhada.

Dari banyaknya tokoh besar yang dimakamkan di sana, berikut kami mencoba mengajak pembaca untuk kenali 8 makam wali di Sapuro Pekalongan.

1. Habib Ahmad al-Athas

Makam Habib Ahmad termasuk salah satu makam yang paling ramai dikunjungi para peziarah, beliau adalah ulama alim yang masih cucu dari pengarang Ratib al-Athas.

BACA JUGA:Sudah Meninggal tapi Menemui Orang, Di Pekalongan Ada Wali yang Hidup di Atas Pohon Kelapa

Habib Ahmad lahir di Kota al-Hajaryn, Hadramaut pada tahun 1839 M atau 1255 H, ayahnya bernama Habib Abdullah al-Athas dan ibundanya Syarifah Zaenah binti Ahmad al-Kaf.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Makkah dan Hadramaut dan berdakwah di kedua negara tersebut, Habib Ahmad pun hijrah ke Nusantara untuk menyebarkan ilmunya.

Beliau sampai di Nusantara pada sekitar tahun 1880an M, Habib Ahmad langsung memutuskan untuk menetap dan berdakwah di Pekalongan.

Di Pekalongan beliau mengajar mengaji dan menjadi imam di Masjid Wakaf sampai akhir hayatnya. Habib Ahmad al-Athas wafat pada tanggal 6 Januari 1929 M atau 25 Rajab 1347 H.

2. Habib Alwi bin Abdullah Bafaqih

Tokoh yang kedua ini menurut sejarah lebih dahulu datang ke Pekalongan sebelum datangnya Habib Ahmad al-Athas, makam beliau berada di tengah-tengah antara kubah makam Habib Ahmad dengan kubah makam Habib Hasyim.

BACA JUGA:Kedekatan Habib Ahmad Al-Athas dengan Habib Hasyim bin Yahya, Kakek dari 2 Ulama Besar Asal Pekalongan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: