Diesnatalis ke-43, Unikal Gelar Internasional Community Service Program di Desa Purworejo

Diesnatalis ke-43, Unikal Gelar Internasional Community Service Program di Desa Purworejo

FOTO - Tim civitas akademika Unikal berfoto bersama dengan tim relawan dari GREAT Indonesia--

RADARPEKALONGAN.BACAKORAN.CO - Dalam rangka Diesnatalis ke-43, Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar kegiatan Internasional Community Service Program yang berkolaborasi dengan relawan dari GREAT Indonesia yang membawa relawan dari Rusia dan Jepang, kegiatan ini digelar di Desa binaan Unikal Desa Purworejo, Sragi Kabupaten Pekalongan, Kamis (29/8/2024).

Disampaikan Wakil Rektor I Zahro SE MSi bahwa kegiatan Internasional Community Service Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berkolaborasi antara unikal Indonesia, Jepang dan Rusia. 

"Kegiatan International Community Service ini merupakan bagian penting dalam mendorong kiprah Unikal agar berdampak bagi Masyarakat dengan melibatkan komunitas Internasional," ungkap Zahro.

Diantara kegiatan yang dilakukan dalam Internasional Community Service Program ini yaitu Tim PKM FEB memberikan edukasi pemasaran digital, Fakultas Hukum tentang perizinan usaha, Fakultas teknik tentang mitigasi bencana, Fakultas Farmasi tentang TOGA, FKIP memberikan edukasi tentang pengenalan budaya Jepang, Fakultas Ilmu Kesehatan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Fakultas Perikanan tentang gemar makan ikan, dan Fakultas Pertanian edukasi tentang gemar makan sayur.

"Kegiatan kita hari ini ada dua sesi ya, sesi pertama di tujukan untuk masyarakat berkaitan edukasi tentang pemasaran digital, perizinan usaha, lalu sesi ke dua kita tunjukkan kepada anak-anak sekolah di SDN 1 Purworejo yang diberikan edukasi dari mahasiswa Jepang dan Rusia tentang PHBS, budaya Jepang dan pemahaman kepada para siswa terkait isi piring yang baik dalam menu makan keluarga," imbuhnya

Desa Purworejo terpilih karena Desa ini merupakan Desa binaan Unikal, yang mana kegiatan ini bukan kali pertama. Ia mengungkapkan bahwa Unikal sudah melakukan berbagai kegiatan pembangunan masyarakat di Desa Purworejo dalam berbagai moment, seperti Diesnatalis, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan lain sebagainya.

"Ini merupakan bagian dari kami untuk berkontribusi kepada masyarakat, dan masyarakat mengenal kami secara baik. Sehingga alhamdulillah di Desa Purworejo ini kita selalu disambut baik oleh masyarakat setiap ada kegiatan-kegiatan yang kita lakukan," terang Zahro.

Ia berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat baik bagi dosen-dosen Unikal karena sudah mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan komunitas Internasional, serta kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Desa Purworejo.(Mal)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: