Bupati Fadia Arafiq Serahkan Bantuan Irigasi Perpompaan Untuk 25 Kelompok Tani di Kabupaten Pekalongan

Bupati Fadia Arafiq Serahkan Bantuan Irigasi Perpompaan Untuk 25 Kelompok Tani di Kabupaten Pekalongan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, secara simbolis meresmikan dan menyerahkan bantuan irigasi perpompaan berupa rumah pompa, pompa air, dan jaringan irigasinya kepada 25 kelompok tani dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Acara penyerahan ini berlangsung di Desa Legokclile, Kecamatan Bojong.

Bantuan irigasi perpompaan diberikan kepada kelompok tani dari Kecamatan Bojong, Kajen, Karanganyar, Kesesi, Siwalan, Sragi, Talun, dan Wonopringgo. 

Acara penyerahan ini turut dihadiri oleh Dandim 0710 Pekalongan, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, sejumlah Kepala OPD, para Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Bojong, serta Danramil dan Babinsa dari Kecamatan Bojong.

Dalam sambutannya, Bupati Fadia menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima bantuan. Ia menegaskan bahwa bantuan ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Pekalongan terhadap para petani. Tujuan utama dari pemberian bantuan ini adalah untuk membantu para petani agar terhindar dari kekeringan dan meningkatkan frekuensi panen.

"Saya mengucapkan selamat karena ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Kita ingin para petani bisa panen lebih dari sekali dalam setahun. Dengan adanya pompa ini, Insya Allah kekeringan bisa dihindari, sehingga hasil pertanian bisa lebih maksimal," ujar Bupati Fadia.

Lebih lanjut, Bupati berharap agar para petani semakin bersemangat dalam menanam dan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait apabila membutuhkan bantuan tambahan. “Saya harap para petani kita lebih semangat lagi, dan bisa berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk kebutuhan lain yang mungkin bisa kami dukung,” tambahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan, Ari Lailani, mengungkapkan bahwa bantuan irigasi perpompaan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati yang telah mengupayakan sejak awal hingga pompa ini bisa dimanfaatkan oleh petani di Kabupaten Pekalongan. Terima kasih juga kepada Bapak Dandim, Danramil, dan Babinsa yang terus mendampingi dan mengawal kegiatan irigasi perpompaan ini,” ungkap Ari Lailani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: