Ada 82.978 Pemilih Gen Z, KPU Batang Intens Edukasi Komunitas Pemuda dan Pelajar

Ada 82.978 Pemilih Gen Z, KPU Batang Intens Edukasi Komunitas Pemuda dan Pelajar

Ada 82.978 Pemilih Gen Z, KPU Batang Intens Edukasi Komunitas Pemuda dan Pelajar-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

NOVIA ROCHMAWATI

EDUKASI - KPU Kabupaten Batang saat memberikan edukasi dan sosialisasi partisipasi pemilihan untuk pemilih pemula.

BATANG, RADAR PEKALONGAN - KPU Kabupaten Batang menetapkan sebanyak 620.695 pemilih masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Batang. Dimana ada sekitar 82.978 pemilih yang masuk ke dalam angkatan pemilih gen Z, atau sekarang yang berumur 17-23 tahun.

"Dari data kami ada sekitar 13 persen pemilih dari DPT yang masuk ke dalam generasi Z. Yang saat ini berumur 17-23 tahun. Tentunya kebanyakan mereka juga baru mendapatkan hak pilih, atau pemilih pemula. Oleh karenanya, mereka juga menjadi sasaran untuk kami edukasi dan berikan sosialisasi agar bisa menyalurkan hak pilihnya," Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Batang Khikmatun.

BACA JUGA:Komisi-komisi di DPRD Kabupaten Batang Resmi Terbentuk, Berikut Ini Unsur Pimpinan dan Anggotanya

Dikatakannya, KPU Kabupaten Batang telah menyiapkan beberapa program. Seperti dengan program Edulection Tour, KPU Goes to Campus, KPU Goes to Pesantren dan juga Lomba Film Pendek dan Reels IG khusus untuk Pelajar SLTA.

"Edulection Tour sendiri merupakan Program Sosialisasi dan pendidikan pemilih. Gen Z menjadi salah satu sasaran utama. Selain ada komunitas masyarakat lainnya yang kami sadar juga," jelasnya.

BACA JUGA:Tindaklanjuti Temuan Bawaslu Batang, Dispermades Berikan Sanksi Administratif Pada Dua Kades

Selain itu KPU Batang juga aktif menyambangi sekolah dan pesantren, dengan memberikan sosialisasi dibarengi dengan nonton bareng Film Kejarlah Janji.

"Kami berharap dengan edukasi ini, momen pemilihan pertama dalam hidup mereka, para pemilih Gen Z ini bisa memilih sesuai dengan hati nurani mereka, dan mencermati visi-misi para calon. Kami juga berharap idealisme mereka, bisa membawa pilihan yang baik untuk memajukan Kabupaten Batang," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: