Bawaslu Batang Ajak Ratusan Kades dan Lurah se Kabupaten Batang Deklarasikan Netralitas

Bawaslu Batang Ajak Ratusan Kades dan Lurah se Kabupaten Batang Deklarasikan Netralitas

Memasuki masa kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang, Bawaslu Kabupaten Batang mengajak kepala desa (Kades) dan lurah se Kabupaten Batang deklarasi netralitas.-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Memasuki masa kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati BATANG, Bawaslu Kabupaten BATANG mengajak kepala desa (Kades) dan lurah se Kabupaten BATANG deklarasi netralitas. Deklarasi oleh ratusan Kades dan lurah ini, turut dihadiri Pj Bupati BATANG dan jajaran Forkopimda Kabupaten BATANG, di Hotel Dewi Ratih, Selasa 1 Oktober 2024.

Deklarasi yang dipimpin ketua Sang Pamomong Kabupaten Batang, Rozikin ini turut memuat beberapa poin. Seperti mewujudkan Pilkada serentak dengan merawat semangat kebhinekaan berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian komitmen menjaga netralitas, tidak terlibat kampanye secara aktif, menyampaikan informasi dugaan pemilu, serta melawan hoaks, ujaran kebencian, dan politik uang di Pilkada 2024.

BACA JUGA:Mobil Kapolres Boyolali Tabrak Truk Pengangkut Tiang Listrik di Tol Batang-Semarang, Sopir dan Ajudan Tewas

"Netralitas bagi kades dan lurah ini penting. Apalagi hal tersebut juga menjadi potensi kerawanan dalam Pilkada. Selain potensi kerawanan terkait penyalahgunaan wewenang," ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur. 

saat sosialisasi pengawasan bagi stakeholder dan kepala desa/lurah yang mengusung tema "Netralitas Kepala Desa/Lurah pada Pemilihan Serentak 2024" di Hotel Dewi Ratih, Selasa (1/10/2024).

Pada semua tahapan Pilkada serentak, Mahbrur mengingatkan agar semua pihak menjaga situasi kondusif di wilayah masing-masing agar Pilkada berjalan aman, damai, dan bermartabat.

BACA JUGA:63 Sekolah di Batang Ikuti Lomba PBB HUT TNI ke-79

Sementara itu, Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menekankan pentingnya bersikap bijak dan partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada Serentak.

"Meskipun banyak hiruk pikuk politik, aparatur pemerintah harus tetap mematuhi aturan yang berlaku dan bijak dalam setiap langkah, karena pengawasan tidak hanya datang dari Bawaslu tetapi juga dari masyarakat," tutur Lani 

Lani Dwi Rejeki juga berpesan kepada para kepala desa untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada Serentak.

BACA JUGA:241 ASN di Kabupaten Batang Terima Kenaikan Pangkat

"Di desa yang sudah punya hak pilih, tolong diajak dan diimbau untuk memberikan hak pilihnya.

Satu suara bisa menentukan pimpinan lima tahun ke depan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: