Ini Biang Keroknya! Inilah 4 Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Nyaman Digunakan, Pemotor Wajib Tahu

Ini Biang Keroknya! Inilah 4 Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Nyaman Digunakan, Pemotor Wajib Tahu

Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Nyaman Digunakan-youtube.com-M Insanu

2. Posisi Shockbreaker Tidak Presisi

Penyebab lainnya yakni posisi shockbreaker tidak presisi. Hal ini bisa terjadi karena motor yang kamu kendarai pernah jatuh atau terbentur benda keras ketika melaju dengan kecepatan yang tinggi. 

Hal yang perlu kamu lakukan yakni bisa menyeting ulang shockbreaker pada motor. Hal ini tentu saja bertujuan agar motormu lebih seimbang dan stang tidak berat. 

Ketika kamu memperbaiki shockbreaker, maka ada salah satu komponen dengan istilah dudukan segitiga. Komponen inilah yang menghubungkan setang dengan shockbreaker.

Jika dudukan segitiga ini mengalami ketidaksejajaran antara garpu kanan dan kiri, maka sebaiknya lakukan pengepresan agar bentuk kembali sejajar. 

3. Salah menyetel stang

Selain karena faktor eksternal, faktor internal dari beratnya stang juga bisa terjadi karena salah menyetel stang. Hal ini menyebabkan posisi stang tidak seimbang dan menjadi berat. 

Oleh sebab itu, perbaikan penyetelan stang pada motor sehingga kamu tidak merasakan stang motor menjadi lebih berat. 

BACA JUGA:Yamaha X-Ride 150 Hadir Sebagai Motor Matic Trail dengan Berbagai Kelebihan yang Ditawarkan!

BACA JUGA:Tak Sembarangan! Ternyata Inilah 5 Alasan Mengapa Motor Bebek Masih Digunakan, Bikin Melongo

4. Adanya masalah pada komstir

Penyebab lainnya yakni adanya masalah pada komstir. Sebagai informasi, bahwa tanpa komstir maka sepeda motor tidak akan mampu dikendalikan dengan baik. Sebab, pada dasarnya komstir memang berperan penting dalam proses pengendalian stang motor.

Itulah beberapa penyebab stang motor berat dan tidak nyaman digunakan lagi. Bagi stang motor yang terasa lebih berat, maka alangkah lebih baik diperbaiki di bengkel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: