Perkuat Ilmu Agama dan Seni Islami, Pelajar SD se Batang Ikuti MAPSI Tingkat Kabupaten Batang

Perkuat Ilmu Agama dan Seni Islami, Pelajar SD se Batang Ikuti MAPSI Tingkat Kabupaten Batang

SERAHKAN - Kabid Pembinaan SD, Yulianto saat memberikan Piala ke juara lomba MAPSI tingkat Kabupaten Batang. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Ratusan siswa SD perwakilan 15 Kecamatan di BATANG mengikuti Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Seni Islam (MAPSI), tingkat Kabupaten BATANG di SMPN 1 Kandeman, Rabu 9 Oktober 2024.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Batang. 

BACA JUGA:Dispermades Batang Gandeng FH Unnes Semarang Rintis Pembentukan BUMDESMA di Tiga Desa Kecamatan Wonotunggal

Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro S didampingi Kabid Pembinaan SD, Yulianto menyebut kegiatan ini menjadi wadah untuk memperkuat ilmu agama dan seni islami. Sehingga diharapkan dapat mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). 

"Tak sekadar lomba, kami harap dengan ini, anak-anak yang berpartisipasi ini bisa menularkan pemahaman agama dan seni Islam ke pelajar lainnya. Sehingga endingnya nanti pelajar bisa memiliki akhlak mulia," ujarnya. 

Tak hanya pengembangan karakter lewat penguatan Agama dan Seni Islam, pihaknya juga turut memfasilitasi lomba Mata Pelajaran Agama Kristen (MAPAK). Selain itu juga ada program pengembangan skill akademik maupun non akademik, melalui Olimpiade Sains Siwa Nasional (O2SN), Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). 

BACA JUGA:Berdayakan Ekonomi Masyarakat, BPI Serahkan Bantuan ke Puluhan Pedagang Keliling di Desa Sekitar PLTU Batang

Perwakilan Panitia MAPSI Kabupaten Batang, M Syarifuddin menjelaskan, dalam kesempatan ini ada sekitar 19 cabang lomba yang digelar. Dimana salah satu yang terbaru, merupakan lomba duet religi. 

"Jadi yang mengikuti tingkat kabupaten ini adalah mereka yang juara di tingkat Kecamatan. Dan untuk menambah antusias kami juga hadirkan lomba duet religi untuk bapak ibu guru sebagai lomba hiburan," tuturnya. 

Nantinya juara 1 dari masing-masing cabang lomba akan maju mewakili Batang ke MAPSI tingkat provinsi. Yang direncanakan akan digelar 8-10 November di Kabupaten Kudus. 

"Tahun lalu kami berhasil menang juara 3 Lomba kaligrafi. Kami berharap tahun ini ada yang juara 1 atau 2, baik dari lomba kaligrafi ataupun mata lomba yang lain," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: