Cegah Kecanduan Gadget, Anak Pramuka Ikut Ajang Kreativitas

Cegah Kecanduan Gadget, Anak Pramuka Ikut Ajang Kreativitas

KREATIVITAS - Guna menghindari kecanduan gadget ribuan anak anak pramuka Sekolah Dasar Kecamatan Kajen, Sabtu (22/02/2020) mengikuti penyaluran ajang kreativitas. TRIYONO

KAJEN - Untuk menghindari kecanduan gadget ribuan anak anak pramuka Sekolah Dasar Kecamatan Kajen, Sabtu (22/02/2020) mengikuti penyaluran ajang kreativitas. Adapun kegiatan digelar di Area Komplek Terminal Kajen.

Kegiatan Pesta Siaga Ranting Kecamatan Kajen diikuti oleh 192 barung atau kelompok putra dan putri dibuka secara langsung oleh Kapolsek Kajen AKP Agus Sulis selaku anggota Ka Mabiran. Pembukaan secara simbolis dengan pemotongan pita balon yang diterbangkan didampingi panitia Koordinator UPT Pendidikan Kajen dan Muspika.

Untuk ajang kreativitas yang dilombakan adalah enggrang, taman scouting skill, baris berbaris, ketangkasan, menari, bumbung kemanusiaan, tama Taqwa kepada tuhan yang maha Esa, tanda mengenal seragam pramuka dan seni budaya.

Anggota Mabiran AKP Agus Sulis menyampaikan kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pengetahuan sosial dan untuk saling mengenal antar regu peserta. Kemudian ini juga untuk mengantisipasi karena adanya kemajuan teknologi, terlena akan permainan gadjet, serba HP.

"Dengan adanya kegiatan pesta siaga ini peserta akan terhindar dari permainan game, HP maupun gadjet, sehingga bisa ikut unjuk dalam kreativitas, mengenal budaya dan sosial antar sesama, " katanya.

Kemudian lanjut dia, peserta juga akan lebih menjunjung kerjasama, gotong royong karena dalam kegiatan ini tidak sendirian melainkan kerja kelompok.
"Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan solidaritas sebagai generasi penerang perjuangan bangsa, "harapnya.

Sementara Ketua Panitia Pesta Siaga, Suwondo menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menanamkan, meningkatkan wawasan kebangsaan. Untuk memupuk rasa persaudaraan, patriotisme perjuangan sebagai generasi bangsa.

"Ini juga untuk membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai nilai perjuangan. Kemudian ini untuk melatih mental, jasmani,rohani generasi milenial yang beriman dan tangguh, " imbuhnya.

Adapun salah seorang peserta selaku Pimpinan Barung dari SD Sambiroto 01, Yafi Rafi Agazi mengaku dengan mengikuti pesta siaga cukup senang. Karena selain menemukan banyak teman baru juga bisa mengetahui kemampuan diri dan teman teman dalam berlomba.

"Saya tadi ikut lomba Baris berbaris kemudian menari dan enggrang. Senang sekali karena ada yang mendapat nilai seratus," kata dia yang disauti oleh teman temanya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: