3 Tanda-tanda Kucing Tertular Penyakit Rabies, Awas Bisa Menular Pada Manusia

3 Tanda-tanda Kucing Tertular Penyakit Rabies, Awas Bisa Menular Pada Manusia

Kucing milik warga mendapat vaksinasi Anti rabies. -dok Radar Pekalongan -

RADARPEKALONGAN - Selama ini kita mungkin mengetahui jika virus rabies ditularkan dari gigitan anjing saja. Namun kenyataannya rabies juga bisa menularkan dari gigitan kucing yang sudah tertular virus tersebut.

Rabies sendiri merupakan penyakit zoonosis atau penyakit yang menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Sedangkan penyebabnya adalah virus lyssaviruses.

Berita terkait: 6 Cara Mencegah Kucing Tertular Penyakit Rabies, Supaya Tak Menulari Manusia

Virus rabies sendiri termasuk mematikan yang bisa menyebar ke manusia dari air liur hewan terinfeksi. Virus rabies biasanya ditularkan melalui gigitan.

Penyakit yang juga dikenal dengan nama anjing gila ini bisa menyebabkan kematian pada sebagian besar pengidap. Risiko penularannya tinggi jika tidak segera diatasi.

Berita terkait: Cegah Rabies, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Digigit Anjing, Lakukan Jangan Terlambat

Penularan rabies sendiri hampir 99% berasal dari anjing, namun sebenarnya banyak hewan lain yang juga kerap mengidap virus ini. Seperti rakun, serigala, sigung, musang, kelelawar, rubah, dan kucing.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan kucing, tidak ada salah untuk mengetahui tanda-tanda jika hewan kesayanganmu itu tertular rabies.

Hal itu sangatlah penting, agar pemiliknya tidak tertular penyakit yang disebabkan oleh virus lyssaviruses.

Berikut tanda-tanda kucing tertular rabies

1. Perubahan perilaku 

Jika kucing kamu menunjukkan perubahan perilaku, yang ekstrim dan mendadak, hal ini patut diwaspadai karena bisa jadi hal itu sebagai salah satu tanda kucing tersebut mengidap rabies.

Contohnya, kucing yang biasanya pendiam menjadi sangat bersemangat dan gelisah. Atau yang biasanya periang tiba-tiba menjadi lemas dan penyendiri.

2. Gangguan saraf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: