Tingkatkan Literasi, Sediakan Ribuan Buku

Selasa 14-01-2020,14:10 WIB

*SD Poncol 1

FOTO - Siswa-siswa berprestasi SD Poncol 1 berfoto bersama usai penyerahan penghargaan.

KOTA - Dalam rangka meningkatkan budaya membaca kepada siswa, SD Poncol 1 menyediakan fasilitas ribuan buku untuk bisa dipergunakan para siswa memperkaya wawasannya.

Demikian disampaikan Kepala SD Poncol 1, Mujiman, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Senin (13/1). Pengelolaan bahan bacaan pun sudah dilakukan SD Poncol 1 secara baik, sehingga tidak dikhawatirkan adanya tabrakan saam peminjaman mengingat jumlah siswa SD Poncol 1 cukup banyak.

"Untuk kelas 6, kita membuatkan daftar buku apa saja yang dibaca, sedangkan untuk kelas 1-5 bebas, bisa meminjam baik fiksi maupun non fiksi namun sesuai jadwalnya," ungkap Jiman, sapaan akrabnya.

Selain itu, program tersebut juga didukung dengan adanya pojok baca yang disediakan disetiap kelas, dan memberikan waktu 15menit pertama sebelum pelajaran dimulai untuk membaca.

Sejauh ini, keefektifan program literasi sekolah cukup baik, karena sebenarnya menurut pria 55 tahun ini semua tergantung pada guru dalam mengelola kelas masing-masing sehingga bisa berlangsung dengan baik .

Untuk membuat siswa lebih bersemangat dalam membaca, siswa diberikan tugas sinopsis untuk buku yang dibaca kemudian diceritakan kembali didepan kelas masing-masing.

"Dengan semua program yang ada, kami berharap akan adanya generasi baru yang menyukai buku dibandingkan digital, karena kita tahu bahwa di Indonesia ini minat untuk membaca buku masih minim. Semoga ini bisa menjadi kontribusi bagi kami untuk memperbaiki generasi masa depan," pungkas Jikan. (mal)

Tags :
Kategori :

Terkait