Menyenangkan, Nyantri Ala Pesantren Milenial

Selasa 02-07-2019,10:50 WIB

*IMBS Miftahul Ulum Pekajangan

KEDUNGWUNI - International Muhammadiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan menggelar kegiatan bertajuk Pesantren Milenial yang akan dilaksanakan selama satu pekan dimulai Senin (01/07) hingga Senin depan (08/01). Kegiatan yang membidik anak-anak usia SD/MI ini diikuti oleh 90 santri putra dan santri putri yang berasal dari berbagai daerah.

PEMBUKAAN - Kegiatan pembukaan program Pesantren Milenial di IMBS Miftahul Ulum Pekajangan, Senin (01/07). EKA ISDITYA

Mudir IMBS Miftahul Ulum Pekajangan, Ustaz Sumarno MPdI menuturkan, "Alhamdulillah animo masyarakat dengan penyelenggaraan kegiatan Pesantren Milenial ini cukup tinggi. Kegiatan diikuti oleh 90 santri yang berasal dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Brebes, Kendal, Tegal, Batang, bahkan ada yang datang dari Jakarta," ujarnya.

Terkait materi yang akan diberikan kepada para santri meliputi program tahfidzul quran juz 1, 29, dan 30 serta beberapa materi keagamaan sekaligus pengenalan dunia pesantren.

"Tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah ingin memperkenalkan IMBS Miftahul Ulum Pekajangan sekaligus menanamkan kepada generasi milenial agar membiasakan diri mencintai Alquran dan juga melatih agar anak-anak rajin beribadah," ungkap dia.

Ketua Dewan Pesantren Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pekajangan, KH Muhammad Irzal Fadholi SHI MPd MPdI, menuturkan prinsip yang senantiasa harus dipegang dalam penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah yakni "Pendidikan Berkelanjutan, Berkemajuan, dan Berkeunggulan".

"Pendidikan pesantren ini salah satunya harus bisa menjadi penyelenggara pendidikan yang berkelanjutan, berkemajuan, dan berkeunggulan," jelasnya.

Melatih putra-putri sejak dini dengan pembiasaan-pembiasaan terpuji merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh guru dan orang tua.

"Kegiatan ini tentu sangat baik untuk mengenalkan kepada anak bagaimana dunia pesantren dengan kegiatan-kegiatannya yang menyenangkan. Banyak anak-anak yang mengira bahwa nyantri itu mengerikan, tapi dengan kegiatan ini sangat bagus untuk mengubah mindset anak bahwa nyantri itu keren," imbuhnya.

Iapun berharap bahwa keberadaan pesantren khususnya IMBS Miftahul Ulum Pekajangan bisa menjadi tempat belajar terbaik untuk melahirkan generasi milenial berakhlak karimah serta mencintai Alquran.

"Ini juga menjadi salah satu langkah pengakderan pesantren Muhammadiyah yang insya Allah dapat membangun generasi yang lebih baik. Saya juga berharap semoga cita-cita kami bersama dapat terwujud untuk membawa IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Go International," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait