Meski Ditengah Pandemi Covid-19, Candra Saputra Salurkan Bantuan Sumur Bor Air Bersih

Minggu 26-04-2020,21:05 WIB

SERAHKAN - Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra secara simbolis menyerahkan bantuan Sumur Bor Air Bersih di Desa Waru Kidul Kecamatan Wiradesa.

WIRADESA - Ditengah Pandemi Covid-19, yang melanda wilayah Kota Santri, ternyata tidak menyurutkan Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra untuk terus memperjuangkan masyarakat dalam mendapatkan sumber air bersih. Adapun secara simbolis Bantuan Sumur Bor Air bersih diberikan kepada Kepala Desa Waru Kidul Kecamatan Wiradesa.

Penyerahan simbolis bantuan sumur bor air bersih digelar secara sederhana karena mengikuti anjuran pemerintah untuk sosial distancing. Dalam kesempatan itu, selain menyerahkan bantuan dari Kementrian ESDM RI dan Fraksi DPR RI PAN Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pekalongan juga memantau secara langsung proses pengeboran sumber mata air.

Bantuan Sumur Bor Dalam di Desa Warukidul Kecamatan Wiradesa tersebut merupakan Kerja Nyata sekaligus realisasi janji untuk warga setempat karena pada Pileg 2019 kemarin mayoritas mendukung dan memenangkannya.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra menyampaikan bahwa realisasi bantuan sumur bor air bersih dari Kementrian Energi Sumber Daya Mineral tersebut merupakan kerjasama dengan anggota DPR RI Fraksi PAN.

"Alhamdulillah kita bisa terus diberi kepercayaan dari masyarakat Desa Waru Kidul Kecamatan Wiradesa untuk menyampaikan aspirasinya ke pusat, dan anggota DPR RI pun responya cukup antusias sehingga sumur bor ini bisa direalisasikan," Ungkapnya.

Selain Desa Waru Kidul Kecamatan Wiradesa, kata dia, saat ini ada tiga lokasi lagi yang dalam proses pengeboran. Mudah mudahan adanya bantuan sumur bor air bersih tersebut bisa mencukupi kebutuhan air bersih ketika musim kemarau.

"Air tersebut nantinya akan disalurkan ke rumah rumah masyarakat setempat dengan dikelola melalui pemberdayaan, " katanya.

Ditambahkan dengan masuknya Kabupaten Pekalongan sebagai zona merah, dirinya mengaku cukup prihatin. Untuk itu dalam mengurangi dan mengantisipasi penyebaran virus meski sudah membagikan masker ke sejumlah Desa namun ia tetap meminta masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi anjuran pemerintah. Melalui jaga kesehatan, menjaga lingkungan tetap cuci tangan saat hendak masuk rumah dan tetap dirumah saja apabila tidak ada keperluan.

Sementara Kepala Desa Waru Kidul Kecamatan Wiradesa, Ibnu Hajar mengaku dengan adanya bantuan sumur bor air bersih tersebut maka bisa untuk mencukupi kebutuhan warga sekitar. Karena ketika musim kemarau warga mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

"Sumur bor ini cukup penting sekali untuk memenuhi kebutuhan air, apalagi memasuki musim kemarau yang sebentar lagi akan tiba. Ke depan untuk air akan digunakan bagi warga sekitar, " ungkapnya. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait