Saatnya Susun Strategi

Senin 07-09-2020,12:15 WIB

*Dua Bapaslon Daftar ke KPU

KOTA - KPU Kota Pekalongan membuka pendaftaran bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilwalkot tahun 2020 selama tiga hari yakni sejak Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020). Dalam rentang waktu tersebut, dua bakal pasangan calon resmi mendaftarkan diri.

Diawali pasangan HA Afzan Arslan Djunaid SE dan H Salahudin STP yang hadir ke KPU pada Jumat (4/9/2020) siang. Sebelum hadir ke KPU, pasangan Aladin terlebih dulu melakukan ziarah ke makam keluarga besar Djunaid yang berada di kawasan Ponpes Alquran Buaran Pekalongan. Selanjutnya Pasangan Aladin bersama jajaran pengurus partai koalisi pengusung dan para simpatisan dari PDI Perjuangan, PPP, PAN serta Hanura, melakukan deklarasi di Gedung HA Djunaid. Dari Gedung HA Djunaid, keduanya diarak menuju gedung KPU oleh ratusan simpatisan dan sampai di Kantor KPU pada pukul 14.30.

Setelah pasangan Aladin mendaftarkan diri di hari pertama, menyusul pada Sabtu (5/9/2020) bakal pasangan calon Hj Balgis Diab SAg SE MM dan HM Machrus Abdullah LC MSi datang mendaftar ke KPU. Pasangan Balgis-Machrus (Bagus) yang diusulkan oleh Golkar, PKB, PKS, Gerindra dan Nasdem, hadir ke KPU dikawal ratusan simpatisan yang melakukan longmarch dari Kantor DPD Golkar di Jalan Kurinci ke Kantor KPU yang ada di Jalan Sriwijaya pada pukul 9.30.

KPU Kota Pekalongan, menyatakan menerima pendaftaran kedua bakal pasangan calon tersebut setelah berkas syarat pencalonan dari keduanya dinyatakan lengkap.

"Setelah dilakukan pemeriksaan berkas pendaftaran bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dinyatakan lengkap. Secara keseluruhan, dokumen persyaratan untuk syarat pencalonan, yang memang harus ada dan absah, semuanya terpenuhi. Berkas pendaftaran calon juga seluruhnya telah terpenuhi," kata Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Toha terkait pendaftaran kedua bapaslon tersebut.

DEKLARASi - Sebelum mendaftarkan diri ke KPU, pasangan Aaf-Salahudin (Aladin) melakukan deklarasi di Gedung HA Djunaid, Jumat (4/9/2020).

Setelah pendaftaran, dikatakan Rahmi agenda selanjutnya yakni verifikasi faktual terhadap syarat-syarat milik kedua bapaslon. Khususnya terkait ijazah dari masing-masing bapaslon. Kemudian, kedua bapaslon juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan pada 8 dan 9 September di RS Kariyadi, Semarang.

*Mulai Susun Strategi

Bakal Calon Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE yang ditemui usai pendaftaran menyatakan bahwa setelah pendaftaran pasangan Aladin diterima pihaknya akan kembali bergerak cepat. "Setelah ini tentu kami harus bekerja keras mulai dari sekarang yang semuanya demi untuk masyarakat Kota Pekalongan. Kami belum mematok target berapa persen suara, tapi yang jelas target kami adalah menang," tegas Aaf, sapaan akrabnya.

Dikatakan Aaf, hampir seluruh proses yang dilalui pasangan Aladin dilakukan dengan gerak cepat. Rabu (2/9/2020) lalu, pasangan Aladin mendapatkan mandat dari DPP PDI perjuangan untuk maju. Selanjutnya pada Kamis (3/9/2020), pasangan Aladin menjemput rekom dari partai koalisi ke Jakarta dan pada Jumat pasangan Aladin melakukan pendaftaran.

"Ini luar biasa bagi kami. Semuanya serba gerak cepat tapi Alhamdulillah hari ini pendaftaran kami sudah diterima. Semuanya masih proses dan masih kami matangkan. Setelah ini kami akan menyusun visi misi, menyusun tim, strategi dan keperluan lainnya untuk mempersiapkan diri menghadapi Pilkada," kata Aaf.

Sementara itu, Bakal Calon Wali Kota Hj Balgis Diab SAg SE MM usai pendaftaran menyatakan keyakinannya pasangan Bagus akan menang dalam Pilwalkot. "Kami yakin menang dengan target raihan suara 70 persen," kata Balgis optimis.

Pendaftaran ke KPU dikatakan Balgis merupakan langkah awal bagi pasangan Bagus untuk turut dalam sebuah proses demokrasi untuk Kota Pekalongan. Sehingga dengan proses tahap awal yang berjalan baik, akan menjadi langkah awal yang baik untuk tahapan-tahapan selanjutnya.

Mengenai visi misi dan strategi, Bakal Calon Wakil Wali Kota, HM Machrus Abdullah LC MSi mengatakan bahwa visi misi dan strategi sudah disusun. Pihaknya akan segera menggerakkan mesin partai koalisi hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan. Dikatakan Machrus, seluruh partai koalisi sudah membentuk posko sampai ke tingkat bawah. "Apalagi kami dari PKB yang merupakan representasi dari warga Nahdhiyin, kami juga akan gerakan semuanya sampai ke akar rumput," tandasnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait