Sabet Juara Lomba Riset Daerah

Senin 23-09-2019,14:00 WIB

*SMAN 1 Kesesi

KUNJUNGAN - Kunjungan siswa SMA Negeri 1 Kesesi di tempat wisata Kabupaten Pekalongan.

KESESI - SMA Negeri 1 Kesesi kembali mencatat prestasi. Kali ini prestasi hadir dalam Lomba Riset Daerah Kabupaten Pekalongan Tingkat Pelajar tahun 2019. Para siswa SMA Negeri 1 Kesesi berhasil meraih Juara I dalam ajang yang diprakarsai oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pekalongan, pada tahun 2019 ini.

Tiga siswa SMA Negeri 1 Kesesi yaitu Fadhilah, Inayah, dan Sutriyah melakukan penelitian selama 1 bulan lebih di beberapa lokasi wisata yang berada di Kabupaten Pekalongan.

Dibawah pembinaan salah seorang pengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga (Penjasorkes) SMA Negeri 1 Kesesi, Ropik Hidayat, pihaknya memilih melakukan riset terhadap sport tourism.

Sport tourism merupakan penggabungan antara bidang olahraga dan pariwisata. "Pariwisata dan olahraga menjadi industri yang banyak diminati masyarakat. Ada banyak jenisnya seperti paralayang, panjat tebing, hiking, memancing, hiburan, sepak bola, dan lain-lain.

Dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik maka akan mampu memberikan kontribusi dan retribusi yang besar bagi daerah. Sehingga kami tertarik untuk melakukan riset yang kemudian kami beri judul 'Potensi Pariwisata Olahraga di Kabupaten Pekalongan," ujar Ropik.

Sebagai tindak lanjut atas ditetapkannya SMA Negeri 1 Kesesi sebagai Juara I Lomba Riset Daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2019 tingkat pelajar oleh Bappeda Litbang. Siswa SMAN 1 Kesesi menemukan beberapa fakta terkait potensi pariwisata olahraga diantaranya di wana wisata Lolong Kecamatan Karanganyar yang populer dengan wisata olahraga arung jeram, obyek wisata Lingo Asri yang menjadi wahana liburan keluarga yang lengkap, wisata Welo Asari Petungkriyono, hingga keelokan Curug Bajing.

"Alhamdulillah kami sudah melakukan kunjungan dengan melihat bagaimana potensi wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan. Insya Allah siswa kami masih akan melanjutkan kegiatan ini, dan akan melaksanakan presentasi lagi di Bappeda bulan November mendatang," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait