Salurkan Siswa ke Industri Sebelum Kelulusan

Kamis 20-02-2020,15:25 WIB

*SMKN 1 Karangdadap

REKRUTMEN - Pelaksanaan program rekrutmen calon karyawan di SMK Negeri 1 Karandadap, Rabu (19/2/2020).

KARANGDADAP - Jauh sebelum kelulusan siswa, SMK Negeri 1 Karangdadap telah mulai menyalurkan siswa agar terserap kedalam dunia industri. Kali ini pihaknya bekerjasama dengan PT Ungaran Sari Garment atau biasa dikenal dengan PT USG menggelar program rekrutmen tenaga kerja di SMK Negeri 1 Karangdadap.

Dalam kegiatan tersebut ada sebanyak 120 peserta rekrutmen yang terdiri dari siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karangdadap dan juga para alumni dari berbagai sekolah.

Kepala SMK Negeri 1 Karangdadap, Agus Nowo Edy, didampingi oleh Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) sekaligus Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) Cipta Karya Wimba SMKN 1 Karangdadap, Muhammad Muslich, menuturkan bahwa jalinan kerja sama antara pihaknya dengan PT USG telah terjalin cukup lama.

"Alhamdulillah setiap tahunnya PT USG rutin melaksanakan kegiatan rekrutmen di sekolah ini. Sehingga alhamdulillah siswa SMK Negeri 1 Karangdadap khususnya dari Program Keahlian Tata Busana banyak yang terserap bekerja disana," tutur Pak Nowo, sapaannya.

Seperti diketahui, keberhasilan SMK dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi salah satunya dibuktikan dengan banyaknya keterserapan para alumni dalam dunia industri. Sehingga dengan menjalin banyak relasi serta hubungan baik dengan berbagai perusahaan harapannya dapat membuka langkah awal bagi para siswa untuk terjun kedalam dunia industri.

Sementara itu, Aditya Widhi Jatmiko, selaku Staf Human Resourse Development (HRD) PT USG menyambut positif jalinan kerja sama yang telah terjalin sejak 2012 lalu. Di lingkungan Kabupaten Pekalongan kerja sama sekolah dalam program rekrutmen karyawan PT USG dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karangdadap.

"Alhamdulillah pihak BKK dan juga kepala sekolah sangat kooperatif. Selain itu setiap tahunnya keterserapan siswa SMK Negeri 1 Karangdadap di PT USG juga cukup banyak. Sehingga ini membuktikan bahwa kompetensi anak-anak disini bisa bersaing. Selain nantinya tetap ada training untuk memantapkan mereka sebelum bekerja," tandasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait