Satgas: Hewan Terinfeksi Covid-19 Tidak Menular ke Manusia

Rabu 04-08-2021,10:50 WIB

Masyarakat tidak perlu cemas dengan adanya hewan peliharaan yang terinfeksi Covid-19. Tidak ada bukti hewan yang terkena Covid-19 tersebut dan menular ke manusia.

Karena itu, masyarakat yang memelihara hewan kesayangannya tidak perlu takut dan panik. Namun diimbau untuk selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan peliharaan. Para pemilik hewan yang dinyatakan positif, diminta tidak melakukan kontak dengan hewan.

"Penting untuk diketahui, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus ke manusia," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden Rabu 4 Agustus 2021.

Menurut guru besar asal Malang Jawa Timur itu, sejak awal pandemi Covid-19, beberapa negara telah melaporkan adanya infeksi Sars-COV2 pada hewan. Ini juga termasuk infeksi yang terjadi pada satwa liar.

Data Office of International des Epizooties (OIE) selaku organisasi kesehatan hewan dunia, menyatakan secara global, saat ini tercatat 500 kasus pada 10 spesies di 30 negara.

Lalu, pemilik hewan diminta mengurangi kontak fisik hewan peliharaannya dengan orang yang belum mendapatkan vaksin. Dan pemilik hewan dianjurkan membawa hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala. "Tetap sayangi dan jaga dengan baik hewan peliharaannya, jangan sampai dibuang, karena takut terinfeksi Covid dari hewan peliharaan," pesan Wiku. (ngopibareng)

Tags :
Kategori :

Terkait